Logo BBC

Orang Indonesia untuk Pertama Kalinya Diundang jadi Juri Piala Oscar

AMELIA HAPSARI
AMELIA HAPSARI
Sumber :
  • bbc

Pembuat film dokumenter Amelia Hapsari menjadi warga Indonesia pertama yang diundang untuk menjadi juri Piala Oscar.

Perempuan asal Semarang, Jawa Tengah, itu termasuk dalam 819 orang dari jajaran aktor dan pembuat film yang mendapat undangan untuk bergabung dengan Academy of Motion Pictures Arts and Sciences, organisasi profesi sineas di industri perfilman Hollywood.

Menyusul gerakan #OscarsSoWhite pada 2016, yang memprotes dominasi orang kulit putih di Akademi, organisasi profesi itu berjanji untuk menambah jumlah anggota perempuan serta kulit hitam, etnis Asia, dan minoritas etnis lainnya (Black, Asian, and Minority Ethnic; BAME).

Kepada BBC News Indonesia, Amelia, 41 tahun, mengatakan dirinya "senang" telah mendukung rekan-rekan dari industri dokumenter dunia yang selama beberapa tahun belakangan secara sadar berusaha menambah keberagaman di ajang penghargaan Oscar — salah satunya dengan mencari suara-suara dari negara dunia ketiga sebagai juri.

Amelia mengatakan itulah yang akan menjadi kontribusinya di Akademi.

"Dengan saya sudah masuk, berarti tugas saya untuk mem-vote film-film yang terus menyuarakan keberagaman, dan juga terus membantu lagi bertambahnya nominasi dan juri dari Asia Tenggara," ujarnya kepada wartawan BBC News Indonesia, Pijar Anugerah, melalui telepon.

Siapa Amelia Hapsari?