Film Indonesia yang Tayang di KIFF 2017 Sedikit, Kenapa?

Korea Indonesia Film Festival 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Festival yang sudah sangat dinantikan, Korea Indonesia Film Festival 2017 kembali digelar. Sederet film Indonesia dan Korea akan diputar selama periode festival yang berlangsung mulai tanggal 14 hingga 17 September 2017 di empat lokasi bioskop jaringan CGV.  

Festival Sinema Prancis 2023 Siap Digelar di Indonesia, Hadirkan Film-film Asal Prancis

Dari beberapa judul yang telah disiapkan KIFF dan CGV, ada tiga judul film Indonesia yang ikut diputar kali ini. Beberapa judul film yang dipilih, yaitu Sweet 20, Kartini, dan Bukaan 8, kebetulan mengangkat tema tentang wanita, baik itu dari zaman lampau, saat ini, hingga masa depan. Ada alasan sendiri ketiga film Indonesia ini akhirnya dipilih.

Berdasarkan penjelasan Wisnu Triatmojo, Head Brand Marketing CGV Cinemas Indonesia, ketiga film tersebut dipilih karena mewakili budaya Indonesia. Meski diakui ada film Banda yang juga merepresentasikan Indonesia, hanya saja pemilihan film ini telah dilakukan sebelum bulan Agustus.

Pertama Kali ke Indonesia, Aktor Yordania Mohammed Al Jizawi Langsung Nyaman

"Film (yang dipilih) yang memperlihatkan sejarah, budaya Indonesia. Dan yang besar di tahun 2017 ya cuma ini. Memang kemarin ada Banda tapi keluarnya recently, sementara ini (KIFF) sudah dari quartal dua, jadi hanya film yang rilis sebelum Agustus," jelasnya.

Mereka juga menjelaskan waktu yang terbatas membuat Film Indonesia yang ditampilkan pun tak cukup banyak.

Film Yordania 'Inshallah A Boy' Jadi Pembuka Jakarta World Cinema Week 2023

"Tidak ada waktu cukup panjang mendekati PH. Cita-cita memang seimbang, tapi akhirnya pas ngajuin ke PH yang tersedia ini."

Selain ketiga film Indonesia tersebut, berikut ini daftar film Korea yang akan tayang selama festival berlangsung: The Battleship Island, Dongju, Anarchist from Colony, A Day, Assasination, My Annoying Brother, The Admiral: Roaring Currents, Operation Chromite, The Road Called Life, Treasure Island, dan Sim Chung.

Bersiap! Deretan Film di My French Film Festival 2024 Bisa Ditonton Resmi di Indonesia

My French Film Festival atau MyFFF akhirnya kembali digelar dan diselenggarakan oleh UniFrance yang berlangsung pada 19 Januari sampai 19 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024