Dukung Sektor Film, Bekraf Siapkan Akatara

Ilustrasi filmmaker.
Sumber :
  • http://www.vestyles.com/

VIVA.co.id – Di balik sebuah film sukses, kerap diwarnai dengan banyak drama. Tak melulu soal jalan cerita, karena saat jalan cerita menarik tak menemukan investor, sebuah film bisa jadi hanya setumpuk kertas naskah.

Gibran Mau Kasih Panggung Buat Musisi Lokal

Persoalan investor dalam terwujudnya proyek film, seolah menjadi masalah klasik yang pasti ditemui para pembuat film. Kini, waktunya bagi pembuat film di Indonesia untuk mendapat kesempatan terbaik mewujudkan mimpi mereka, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Akatara Indonesia Film Financing Forum 2017.

Dalam jumpa pers yang digelar hari ini, Senin 18 September 2017, di Pavilliun Bekraf, Senayan City, Jakarta, Fadjar Hutomo selaku Deputi Akses Permodalan Bekraf mengatakan, saat bicara tentang permodalan dalam industri kreatif, ada benang merah, di mana investor biasanya hanya menginvestasikan uang mereka pada sesuatu yang terstruktur, sedangkan industri kreatif bersifat intangible, atau tak bisa disentuh dilihat strukturnya.

Sandiaga Uno: Saya Tidak Setuju Badan Ekonomi Kreatif Dilebur

"Akatara bukan hanya kesempatan pembuat film untuk bertemu dengan para investor, tetapi juga menimba ilmu apa saja yang perlu mereka siapkan untuk menarik minat investor," kata Fadjar.

Akan ada 40 proyek film yang akan dipamerkan di depan investor. Di mana, 10 di antaranya merupakan proyek film dari sutradara ternama Indonesia yang mengangkat cerita dengan latar belakang 10 destinasi wisata prioritas yang dibiayai oleh Bekraf. Sementara itu, dua film lainnya merupakan proyek film yang terpilih mewakili Indonesia pada Torino Film Lab.

Bikin Film di Indonesia Kini dapat Cashback Pajak

"10 sutradara terpilih dikirim ke destinasi wisata prioritas untuk membuat film (Borobudur, Bromo, Toba, Labuan Bajo, Mandalika, Morotai, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Wakatobi) yang nantinya akan dipresentasikan di acara Akatara," ujar Abdur Rohim Boy Berawi, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Bekraf.

Sebagai pilot project Bekraf, Akatara yang akan digelar pada 15 dan 16 November 2017 ini akan membuka peluang para pembuat film nasional untuk bertemu dengan investor tanpa harus mendatangi mereka satu persatu. Sementara itu, bagi para investor sendiri, dengan adanya forum ini akan memudahkan mereka untuk menanamkan bisnis mereka di film yang tepat.

Semua jenis cerita fiksi, baik berdurasi panjang atau pun pendek bisa mendapatkan kesempatan ini. Pendaftaran ditutup pada 21 Oktober 2017. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya