Motivasi Anggy Umbara Garap Film 5 Cowok Jagoan

Film Lima Cowok Jagoan
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Sempat sukses menggarap film 3 (Alif Lam Mim) pada Oktober 2015 lalu, MVP Pictures dan sutradara Anggy Umbara kembali bekerja sama dalam satu produksi. Film yang berjudul 5 Cowok Jagoan akan meramaikan industri perfilman akhir tahun ini.

Rilis Poster Resmi, Hit N Run Bisa Ditonton Semua Usia

Film kolaborasi kedua antara rumah produksi di bawah naungan Raam Punjabi berasal dari semangat dua generasi. Pada 1980 silam, ayah Anggy Umbara yakni Danu Umbara yang juga sutradara kenamaan sudah bekerja sama dengan Raam Punjabi sebanyak 8 film.

"Saya kerja sama sudah 8 film. Pertama film Senggol-Senggolan yang menampilkan Elvy Sukaesih, 5 Cewek Jagoan, 5 Cewek Jagoan Beraksi Kembali, sampai Perhitungan Terakhir. Saat itu pembuatannya dari PT Parkit Film dan di masa itu film-film Mas Danu sangat booming sekali serta menguntungkan perusahaan," ujar Raam Punjabi, Produser film 5 Cowok Jagoan melalui keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Kamis 5 Oktober 2017.
 
Danu Umbara memulai karier dimulai dengan Fadjar Ditengah Kabut (1966), 2 x 24 Djam (1967), Djalang (1970), Pengejaran ke Neraka (1971), Kerinduan (1979), sampai Lima Cewek Jagoan (1980) yang dibintangi Lydia Kandou, Yati Octavia, Eva Arnaz, Debby Chynthia Dewi, dan Dana Christina. Produksi berikutnya Danu Umbara kerap bekerja dengan PT Parkit Film hingga ajal menjemput.
 
Sepeninggal Danu, Anggy Umbara meneruskan cita-citanya. Debut Mama Cake (2012) hingga Comic 8 (2014), merebut perhatian publik. Takdir pun mempertemukan Anggy dengan Raam Punjabi.

Terlahir Kaya, Raline Shah Akui Sulit Perankan Gadis Miskin

"Hari pertama pemutaran Comic 8, saya menonton film ini bagus sekali. Saya lihat nama sutradaranya, ada hubungan apa dengan Mas Danu yang dahulu saya kenal. Saya cari tahu dan waduh saya jadi teringat pesan Beliau. Anak-anak saya bisa teruskan karya saya. Saat itu, saya enggak ngerti apa maksud Mas Danu. Berarti Beliau punya firasat bahwa anak-anaknya bisa meneruskan profesi ini," tutur Raam Punjabi.
 
Meski Raam Punjabi baru bertemu dengan Anggy setelah Comic 8, jauh sebelum itu menurut penuturan Anggy keakraban dua keluarga dan dua generasi itu sudah terlihat. Nama Anggy merupakan pemberian Raam Punjabi. "Kata mama saya, nama depan saya Kresna. Katanya nama Kresna itu Pak Raam yang kasih ke Papa. Karena tanggal 21 Oktober itu tanggal lahirnya Kresna di tahun itu," ucap Anggy.
 
Lewat film 5 Cowok Jagoan yang merupakan prekuel dari 5 Cewek Jagoan, Anggy ingin meneruskan warisan sang ayah. "Saya ingin menghidupkan film superhero yang pernah dibuat Papa saya."
 
Film 5 Cowok Jagoan terinspirasi dari film lawas Lima Cewek Jagoan (1980) yang menampilkan superhero wanita. Namun, Anggy memasang para pemain pria mulai dari Ario Bayu, Dwi Sasono, Arifin Putra, Muhadkly Acho, Cornelio Sunny hingga aktris Tika Bravani dan Nirina Zubir.
 
"Film ini buat saya merupakan sebuah kenangan dari sosok Mas Danu. Saya merasa sangat beruntung bisa bekerja dengan generasi kedua Umbara dan film ini dikerjakan oleh orang yang tepat. Dengan sentuhan Anggy, saya yakin film 5 Cowok Jagoan akan memberikan nuansa baru, teknik dan teknologi masa kini," ujar Raam Punjabi.
 
Anggy Umbara pun berharap, film 5 Cowok Jagoan tak hanya produksi dua generasi saja tapi juga mampu mengapresiasi film-film terdahulu. "Film-film lawas harus tetap dilestarikan karena karya mereka kita bisa menjadi begini. Untuk memajukan industri film ke depannya, kita harus belajar kepada yang terdahulu," ujar Anggy Umbara. (mus)

Para pemain film Ghost Writer.

Komedi Campur Horor, Film Ghost Writer Tayang Saat Libur Lebaran

Memiliki alur cerita tak terduga di sepanjang pemutarannya.

img_title
VIVA.co.id
28 Mei 2019