Film Battle of Surabaya Peroleh Penghargaan Animasi Terbaik

Film Battle of Surabaya Peroleh Penghargaan Animasi Terbaik di Milan
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Film karya para sineas muda Indonesia, "Battle of Surabaya" kembali menorehkan prestasi di ajang internasional. Film animasi layar lebar 2D Indonesia pertama tersebut dinobatkan sebagai film animasi terbaik dalam Milan International Filmmaker Festival 2017. Film ini berhasil unggul atas enam nominator lainnya dari berbagai negara.

Bersiap! Deretan Film di My French Film Festival 2024 Bisa Ditonton Resmi di Indonesia

Trofi kemenangan secara resmi diserahkan melalui ajang malam penghargaan di kota Milan tanggal 2 Desember 2017. Dalam kesempatan tersebut, pihak produser film Battle of Surabaya, MSV Pictures, yang berhalangan hadir, diwakili oleh Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Italia. Partisipasi dalam kegiatan tersebut juga didukung oleh KBRI Roma.  

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, menyatakan bahwa kemenangan ini merupakan pengakuan atas keunggulan kemampuan anak bangsa di bidang film animasi, sekaligus mencerminkan kemajuan industri kreatif Indonesia.

Festival Sinema Prancis 2023 Siap Digelar di Indonesia, Hadirkan Film-film Asal Prancis

"Kembali terpilihnya Battle of Surabaya sebagai film animasi terbaik di kancah perfilman internasional membuktikan bahwa Indonesia pantas diperhitungkan sebagai animator kelas dunia," ujar Dubes Esti.

Sementara itu, Ketua PPI Italia, Bashofi, yang mewakili MSV Pictures menerima penghargaan tersebut menyatakan turut berbangga dengan pencapaian tersebut.

Pertama Kali ke Indonesia, Aktor Yordania Mohammed Al Jizawi Langsung Nyaman

"Ajang Milan International Filmmaker Festival 2017 dilaksanakan sejak 25 November hingga 2 Desember 2017 dan dihadiri oleh para pembuat film bertalenta tinggi dari seluruh dunia. Dalam kesempatan dimaksud, saya menjadi saksi tingginya apresiasi terhadap film Battle of Surabaya yang disutradarai Aryanto Yuniawan tersebut. Hal ini membanggakan dan semakin mendorong semangat kita sebagai generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi", ujar Basofi.

Milan International Filmmaker Festival merupakan bagian dari The Film Festival International, sebuah rangkaian festival film bergengsi di lima kota Eropa. Kota-kota tersebut adalah London, Nice, Madrid, Amsterdam dan Milan. Tidak hanya berkutat dalam kompetisi film terbaik, festival film ini juga menjadi ajang temu bisnis pelaku film dunia.

Film Battle of Surabaya mengambil latar belakang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Animasi yang sangat apik dikerjakan oleh mayoritas kreator muda asli Indonesia. Selain memenangkan berbagai penghargaan, film ini juga dilirik oleh Walt Disney Pictures yang kemudian membantu distribusi global.  Dengan kemenangan Battle of Surabaya ini, animator Indonesia diharapkan semakin mampu meraih pasar film animasi global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya