Star Wars: The Last Jedi Dilirik 'Piala Oscar'

Star Wars The Last Jedi
Sumber :
  • Lucasfilm

VIVA – The Academy of Motion Picture Arts and Sciences, atau AMPAS telah memilih 10 film yang maju ke dalam kategori efek visual untuk Academy Awards ke-90.

Sinopsis Star Wars: The Rise of Skywalker, Tayang Hari Ini

Seperti dilansir laman Variety, daftarnya didominasi oleh film dengan biaya besar, seperti Blade Runner 2049, Dunkrik, Guardians of the Galaxy Vol.2, Star Wars: The Last Jedi, dan War for the Planet of Apes. Selain itu, masuk juga dalam daftar adalah film laga-fantasi Korea Selatan, Okja, dan kisah Guillermo del Toro, The Shape of Water, yang beranggaran di bawah US$20 juta.

Tahun lalu, Rogue One: A star Wars Story menyabet nominasi Academy Awards untuk tim dari John Knoll, Mohen Leo, Hal Hickel, dan Neil Corbould. Star Wars: The Force Awakens juga menerima nominasi Oscar. 

Game Star Wars Jedi: Fallen Order Rilis, Intip Video Trailernya

Film asli Star Wars di 1997, memenangkan Oscar dalam kategori Efek Visual (VFX) untuk John Stears, John Dykstra, Richard Edlund, Grant McCune, dan Robert Blalack, seperti yang terjadi di 1980, The Empire Strikes Back, dan 1983, Return of the Jedi. Star Wars Episode I: The Phantom Menace dan Star Wars Episode II: Attack of the Clones juga menerima piala untuk kategori yang sama.

Pihak Academy telah mengumumkan 20 film yang berada dalam pertimbangan pada 4 Desember. Daftar tersebut, termasuk Beauty and the Beast, Ghost in the Shell, Jumanji: Welcome to the Jungle, Justice League, Life, Logan, Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales, Spider-Man: Homecoming, Thor: Ragnarok, dan Wonder Woman.

Star Wars: The Rise of Skywalker Bakal Ungkap Siapa Rey Sebenarnya

The Jungle Book memenangkan kategori ini pada perhelatan Oscar tahun 2017. Dia mengalahkan Deepwater Horizon, Doctor Strange, Kubo and the Two Strings, dan Rogue One: a Star Wars Story. Ex Machina, Interstellar, Gravity, dan Life of Pi adalah empat pemenang sebelumnya.

Komite Eksekutif Departemen Visual Efek dari The Academy menentukan daftar yang terpilih. Semua anggota dari departemen tersebut akan diajak untuk melihat 10 menit cuplikan dari film daftar yang terpilih lainnya pada 6 Januari. Mereka akan memilih lima film untuk masuk nominasi akhir.

Nominasi untuk Academy Award ke-90 akan diumumkan pada 23 Januari. Acara puncak akan diselenggarakan pada 4 Maret di Hollywood dan Highland Center.

Laporan: Putri Nur Ifdah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya