1987: When The Day Comes, Sejarah Kelam Korea Selatan

1987: When The Day Comes
Sumber :
  • CJ Entertainment

VIVA – Film terbaru garapan CJ Entertainment, 1987: When The Day Comes, sudah bisa disaksikan di layar-layar bioskop Tanah Air.

Sinopsis The Pirates: The Last Royal Treasure, Dijamin Ngakak!

Film yang berlatar kisah nyata di Korsel pada 1987 ini, menceritakan tentang terbunuhnya seorang mahasiswa bernama Park Jong Chul, saat diinterogasi oleh pihak kepolisian karena dituduh terlibat komunisme yang sangat dilarang rezim pemerintah kala itu.

Film dibuka dengan upaya penyelamatan nyawa Park yang tengah sekarat setelah disiksa polisi, hingga akhirnya tak tertolong dan dinyatakan meninggal. Guna menutupi kasus tersebut, pemerintah melalui lembaga anti-komunis pun berupaya menutup rapat-rapat kasus pembunuhan itu.

Kim Seon Ho Tolak Semua Tawaran Drama dan Iklan Sepanjang 2022

Masalah dimulai saat jaksa wilayah bernama Choi menolak menandatangani surat kematian dan rencana kremasi Park.

Film ini sungguh kental dengan nuansa anti-komunis di Korsel era 1980-an, yang kerap memburu orang-orang yang diduga mata-mata pemerintah Korea Utara. Terlebih, sosok aktivis bernama Kim Jong Nam yang memimpin gerakan pro demokrasi, tengah menjadi DPO pemerintah Korsel kala itu.

All of Us Are Dead akan Tayang 28 Januari, Intip Sinopsisnya

Akhirnya, kasus kematian Park menyebar luas ke publik. Plot cerita cukup memperlihatkan bagaimana dunia pers di Korsel kala itu begitu cekatan, dalam memberitakan bagaimana fasisnya cara pemerintah menangani mereka-mereka yang dituduh komunis.

Hingga akhirnya, pihak kepolisian dan pemerintah pun masih berusaha memalsukan penyebab kematian Park, dengan mengatakan bahwa dia terkena serangan jantung.

Perlawanan balik kepada pemerintah dimulai ketika Jaksa Choi diam-diam memberikan hasil otopsi Park, yang membongkar penyebab kematiannya kepada seorang jurnalis hingga kasus itu pun terkuak. Saat kemuakan publik memuncak, hal itu pun mendorong sekitar 40 juta rakyat Korea Selatan untuk turun ke jalan, demi meruntuhkan rezim despotik yang berkuasa.

Film ini sepertinya tak main-main dalam upayanya mengangkat satu babak dalam sejarah kelam penegakan demokrasi di Korea Selatan. Bahkan, Naver Movie Review memberikan nilai 9,31 kepadanya.

Tak hanya itu, jajaran pemain yang beradu akting di film ini pun tak sembarangan, karena turut dibintangi oleh nama-nama aktor papan atas Korea Selatan seperti misalnya Kim Yoon Seok, Ha Jung Woo, Yoo Hai Jin, Kim Tae Ri, Park Hee Soon, dan Lee Hee Jun.

Lihat hebohnya karpet merah film Maze Runner di Seoul! VIVA terjebak di tengah histeria gadis-gadis Korea! Lihat di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya