Logo BBC

Bill Cosby Bersalah Melakukan Kekerasan Seksual

Bill Cosby (kanan) meninggalkan ruang sidang di Pennsylvania setelah mendengar vonis bersalah. - Getty Images
Bill Cosby (kanan) meninggalkan ruang sidang di Pennsylvania setelah mendengar vonis bersalah. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Pelawak Amerika Serikat terkenal, Bill Cosby, dinyatakan bersalah dalam tiga dakwaan kekerasan seksual dengan ancaman hukuman maksimal masing-masing 10 tahun.

Pria berusia 80 tahun diadili dalam kasus membuat mabuk dan menggerayangi mantan pemain basket Amerika Serikat, Andrea Constand, pada tahun 2004.

Saat mendengar vonis, Kamis (26/04), Cosby mengeluarkan sumpah serapah sementara jaksa meminta agar dia tidak mendapat kebebasan dengan jaminan.

Namun hakim memutuskan bintang kulit hitam pertama yang tampil di acara jam utama TV AS itu tetap tidak ditahan sampai menjalani hukuman.

Penasehat hukum Cosby, Tom Mesereau, menegaskan `perjuangan belum selesai` dan menambahkan keyakinan bahwa Cosby tidak bersalah serta berencanan untuk banding.


Andrea Constand (tengah) mengungkapkan kegembiraan setelah mendengar vonis bersalah atas Cosby, yang merupakan mantan temannya. - Reuters

Dakwaan terkait Constand merupakan yang kedua atasnya setelah pengadilan pertama berakhir tanpa ada keputusan dari dewan juri pada Juni 2017 lalu.