Cara Enda Ungu Ajarkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Putri Enda Ungu
Sumber :
  • VIVA/Laras Devi Rachmawati

VIVA – Bukan hal yang mudah menanamkan rasa cinta pada bangsa Indonesia di zaman modern sekarang ini. Namun, hal ini tetap dilakukan oleh personel band Ungu, Enda. Ia bahkan turut menanamkan rasa nasionalisme ini pada buah hatinya.

Sujiwo Tejo Pertanyakan Nasionalisme Tom Lembong

Tepat di momen peringatan hari kemerdekaan RI, Enda 'Ungu' rupanya telah menanamkan rasa nasionalisme pada seluruh anak-anaknya, terutama si sulung, Zara Leola, yang kini telah berusia 12 tahun.

Memasukkan sang anak di sekolah bertaraf internasional, memang diakui Enda menjadi kendala karena Zara, tidak terlalu mengenal sejarah tanah kelahirannya.

Panas, Anggota TNI Semprot Kepala Sekolah yang Diduga Ogah Upacara Bendera Tiap Senin

Kendati demikian, Enda tetap memiliki cara khusus untuk mengenalkan Indonesia lebih dalam kepada anaknya tersebut, yakni dengan menceritakan seluruh sejarah Indonesia yang ia ketahui.

"Untuk ngajarin anak ya di sekolah sebenarnya juga diajarkan, tapi kalau dia tanya aku pasti jawab, bagaimana sejarah bangsa, ada apa di tanggal 17 Agustus. Itu harus sih diajarkan karena naif banget kalau enggak paham sejarah bangsa," kata Enda saat berada di kawasan Pancoran, 16 Agustus 2018.

Ketua Umum Muhammadiyah: Jangan Ada Konfrontasi Agamis-Nasionalis pada Pemilu 2024

Sebagai salah satu anak bangsa yang mengenal beberapa pahlawan nasional, suami Eka Nilestari ini ternyata mengidolakan satu sosok pahlawan yang paling ia kagumi dan melekat dalam ingatannya.

"Pangeran Diponegoro. Karena kharisma dia itu hebat ya. Pakai sorban, bawa keris, naik kuda. Kuda yang digunakan Pangeran Diponegoro itu kan selalu terlihat berdiri dan kuat ya. Benar-benar simbol kejantanan yang hakiki. Dia seorang jenderal, berkeris, tapi tidak melupakan keimanannya dan selalu mengenakan sorban," tuturnya.

John F Kennedy

John F. Kennedy Masih Menjadi Presiden Terfavorit Warga AS, Ini Faktanya

John F. Kennedy tetap menjadi presiden Amerika Serikat (AS) yang paling disukai lebih dari lima puluh tahun setelah kematiannya yang tragis.

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024