Ifan Seventeen Mondok di Pesantren Gontor

Ifan Seventeen dan mendiang sang istri, Dylan Sahara.
Sumber :
  • Instagram @dylan_sahara

VIVA – Vokalis band Seventeen, Riefan Fajarsyah alias Ifan, masih merasakan kesedihan yang mendalam usai ditinggalkan sang istri Dylan Sahara, yang tewas karena tersapu ombak tsunami di Banten, Jawa Barat pada bulan Desember 2018.

Menteri PPPA Bantah Tudingan soal Kasus Perundungan di Pesantren Meningkat

Demi menghilangkan rasa sedih dan traumanya, Ifan rela menghabiskan banyak waktunya di pesantren di Jawa Timur, yakni Pondok Pesantren Gontor Darussalam.

Alasan Ifan, ia ingin lebih mendekatkan diri pada Tuhan untuk menenangkan hati dan pikirannya.

Cegah Kekerasan di Ponpes, Kemenag Bakal Libatkan Ormas dalam Melakukan Pengawasan

"Jadi kan kebetulan anak kiai utama Gontor itu kebetulan teman almarhumah (Dylan) sewaktu SMP, jadi lebih ke maksudnya ya ngobrol, dapat masukan segala macam. Jadi kayak minta sehabis salat, apa doa yang harus dibaca. Seenggaknya untuk ketenangan hatiku sekarang," ujarnya di kawasan Kalibata, Jakarta, 11 Januari 2019.

Ifan yang saat ini berada di Ibu Kota, rencananya akan kembali ke Gontor agar lebih banyak lagi mendapatkan ilmu agama untuk beberapa lama. Namun ia tak berniat menetap.

Begini Bengisnya AB dan R Aniaya Santri di Jambi hingga Tewas

"Maksudnya aku ini inginnya belajar terus, mondok terus gitu, rencananya ingin ke sana lagi, mondok lagi ke Gontor lagi, mudah-mudahan bisa belajar lagi. Enggak (menetap di pondok pesantren), tetap di Jakarta, cuma di sana (pesantren) lebih ke belajar," kata dia.

Karena telah banyak mengisi waktu dengan hal-hal positif selama di pesantren, Ifan mengaku sangat trauma dengan keramaian dan suara-suara bising. Meski begitu, ia berharap bisa pulih kembali seperti semula.

"Ya banyaklah kegiatannya, dapat masukan, belajar. Jadi aku memang masih sangat trauma sama keramaian, suara yang berisik, aku masih sangat trauma, trauma banget. Jadi sebisa mungkin aku memang sangat menghindarilah pelan-pelan, seenggaknya itu bisa mengobati aku," lanjutnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya