Pengacara Sebut Ada Makna di Balik Surat Ahmad Dhani ke Ibunda

Terdakwa kasus dugaan pencemaran nama baik Ahmad Dhani.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Musisi Ahmad Dhani menulis surat yang ditujukan untuk ibunda, Joyce Theresia Pamela Kohler dari balik penjara Rutan Klas I Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur.

Anti-Islam Meningkat Pesat di India Gegara Ini

Surat tersebut diketahui sengaja dititipkan pentolan Dewa 19 ini kepada istrinya, Mulan Jameela saat mengunjunginya beberapa waktu lalu.

Berikut isi surat yang ditulis Dhani untuk Ibunda,

Ujaran Kebencian Terhadap Muslim di India Meningkat 62 Persen, Ini Pemicunya

“Surat untuk mama.

Dari anakmu tercinta

GP Ansor Bubarkan Pengajian Syafiq Basalamah, Tere Liye Semprot PBNU: Jangan Dikit-dikit Keberatan

Ma, penjara bagi mereka yg tidak bersalah adalah

STIK, Sekolah Tinggi Ilmu Kesabaran

Alhamdulillah sekarang aku menjadi orang yang lebih SABAR

Mama jangan sedih

Mama jangan menangis

Keluar dari penjara laknat ini, InsyaAllah aku menjadi orang yg lebih SABAR

Dhani Ahmad

Hotel Medaeng 13 Feb 2019,” tulis Dhani.

Isi surat Dhani yang ditujukan untuk ibunda pun langsung menjadi viral di media sosial. Mengenai hal tersebut, pengacara Ahmad Dhani, yakni Hendarsam Marantoko angkat bicara. Hendarsam mengaku Dhani menuliskan surat itu karena tidak bisa berkomunikasi lewat telepon genggam dengan sang ibunda.

“Jadi karena mas Dhani tidak biasa berkomunikasi di dalam. Tidak boleh menggunakan handphone. Jadi, salah satu cara untuk mas Dhani berkomunikasi adalah dengan menggunakan surat,” kata Hendarsam saat ditemui di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Kamis, 14 Februari 2019.

Ia menambahkan, “Kebetulan kan kemarin mbak Mulan ke Surabaya ketemu mas Dhani. Jadi, mas Dhani titipkan surat ke mbak Mulan untuk dibaca oleh mama Joyce,” ujarnya.

Tak hanya itu, Hendarsam merasa jika surat tersebut bukanlah surat berisi pesan biasa, melainkan memiliki makna mendalam bagi Dhani yang ditujukan khusus untuk Ibunda. 

“Jadi surat itu hubungan antara ibu dengan anak. Namanya orangtua, seorang ibu melihat anaknya sedang dalam masalah (pasti tidak tega),” ujar Hendarsam.

Hendarsam mengaku bahwa Dhani merupakan sosok pria yang berbakti kepada orangtuanya. Ia yakin betul bahwa dalam surat tersebut Dhani berusaha untuk menenangkan sang ibunda  agar tidak bersedih atas masalah yang tengah menimpanya.

“Tentunya mas Dhani seorang anak yang berbakti sama ibunya, ia berusaha memberikan kekuatan kepada Ibunya bahwa apa yang dijalani oleh mas Dhani ialah sesuatu hal yang sifatnya perjuangan dan mas Dhani konsisten akan hal tersebut,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya