Kisah YouTuber Korsel Ujung Oppa Putuskan jadi Mualaf Bikin Merinding

Ujung Oppa, YouTuber Korea yang lama tinggal di Indonesia
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Nama YouTuber asal Korea Selatan Ujung Oppa mendadak jadi sorotan publik Tanah Air. Ini, karena keputusannya yang menginginkan menjadi mualaf. Momen Ujung Oppa resmi memeluk Islam ini sempat ia videokan dan diunggahnya di akun YouTube 24 Maret 2019 lalu. Dalam video itu, dia mengaku deg-degan saat mengucap dua kalimat syahadat di hadapan sejumlah ustaz.

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Pria Korea Selatan yang sudah sering bolak-balik Indonesia-Korea selama 15 tahun ini mengaku, sudah lama tertarik ingin memeluk agama Islam. Namun, ia mengaku ada ketakutan tersendiri.

Lewat akun YouTube keluarga The Sungkar, Ujung Oppa juga mengungkapkan, tentang kisahnya hingga memutuskan dan tertarik untuk hijrah.

Potret Shandy Aulia Pakai Kerudung di Abu Dhabi, Jadi Mualaf?

Saat ditanya alasan Oppa mengapa tertarik masuk Islam, dia mengatakan, "Awalnya saya enggak tertarik sih, karena kurang info di Korea Selatan. Di Korea sedikit yang memeluk Islam. Mereka yang memeluk Islam sembunyi-sembunyi," terangnya.

Diakui Oppa, Islam adalah agama minoritas di negaranya. Tapi ketika Oppa mulai banyak memiliki teman asal Indonesia yang beragama Islam, Oppa pun mulai terbiasa melihat aktivitas rekan-rekannya sebagai muslim. Mulai dari melihat melakukan aktivitas salat hingga puasa.  

Mualaf Marcell Siahaan Akui Tak Mudah Saat Jalani Salat 5 Waktu

Sampai pada akhirnya, dia mengaku, sering sekali ditanya banyak orang, apa yang membuatnya merasa bahagia dalam hidup ini. Dia pun mengaku, saat belum memeluk Islam, dia tidak pernah merasa bahagia.

"Tiap kali ditanya apa yang bikin aku bahagia, aku belum pernah jawab, aku merasa belum pernah bahagia. Tapi pas aku lihat orang Indonesia aku penasaran, lihat mereka kenapa bahagia. Aku pengen tahu rahasianya."

Dari situ, ia mulai mendekati orang-orang Indonesia. Dan dari kedekatan dengan orang Indonesia, akhirnya dia merasa tertarik dengan ajaran Islam. "Sejak lama aku pengen mengenal itu (Islam). Aku tertarik sama agama Islam, tapi enggak berani, karena takut ada banyak tantangan, larangan."

Hingga akhirnya, Oppa mengaku, dua tahun belakangan dia mendengarkan salawat yang dilantunkan grup Sabyan Gambus. "Aku pernah nangis juga dengar salawat meskipun aku waktu itu bukan muslim," katanya.

Ia pun menceritakan, sahabatnya di Korea sudah menjadi mualaf dan menikah dengan wanita bercadar. Ketika itu, sahabatnya mendapat cobaan, dipecat dari pekerjaan. "Kehidupan dia berubah drastis. Hidup dari nol. Meski dia dipecat dari kantor, dia tetap bahagia, ini menggerakkan hati saya, saya juga mau jadi bahagia dan akhirnya masuk Islam."

"Ini dari hati, aku merinding ceritaya," terang Oppa.

Melihat pengakuan Oppa, keluarga Sungkar mulai dari Shireen, Zaskia, Irwansyah dan Teuku Wisnu ikut terharu.

Tak hanya mereka, warganet yang ikut menyaksikan video tersebut pun ikut merasakan haru.

"Saya non muslim, tapi saya merinding dan menangis," komentar warganet melihat video tersebut.

Ada juga yang berkomentar, "Itulah kenapa Rasulullah mengatakan bahwa kita sebaiknya berkumpul dengan org2 yg sholeh. Karena pergaulan yg baik, dilingkungan yg baik, otomatis akan mempengaruhi kita dalam berprilaku dan bahkan bisa mengubah cara berpikir kita utk jauh lbh baik dlm memperbaiki diri."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya