8 Artis Ini Pernah Jadi Anggota Paskibra, Ada yang Tingkat Nasional

Iqbaal Ramadhan
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Negara Kesatuan Republik Indonesia merayakan hari ulang tahun (HUT) yang ke-74 pada hari ini, Sabtu, 17 Agustus 2019. Salah satu momen yang ditunggu di momen 17 Agustus tentu saja adalah saat pengibaran bendera merah putih.

Pamer Rambut Baru, Iqbaal Ramadhan Malah Disebut Mirip Dora The Explorer

Pertugas yang mengibarkan bendera biasa disebut Pasukan Pengibar Bendera atau Paskibra. Tenyata beberapa public figure pernah menjadi angota Paskibra, lho. Bahkan di antaranya ada yang mencapai tingkat nasional.

Berikut ini 10 artis yang pernah menjadi anggota Paskibra, dihimpun VIVA.co.id dari berbagai sumber.

Polisi Tahan Pelatih Paskibra di Surabaya, Disangka Perkosa Siswi SMP

Joko Anwar

Sutradara yang tengah menunggu film Gundala keluar, Joko Anwar ternyata pernah menjadi salah satu Paskibraka yang mengibarkan bendera merah putih di Istana Presiden pada tahun 1990.

Ini Cita-Cita yang Ingin Digapai Iqbaal Ramadhan, Salah Satunya Sudah Terwujud

Momen itu dibagikanya melalui Instagram pribadinya, yang memperlihatkan foto Joko dengan pakaian putih khas Paskibraka.

Marcelino Lefrandt

Siapa sangka, aktor Marcelino Lefrandt ternyata pernah menjadi salah satu komandan upacara di tingkat provinsi, pada tahun 1991 ia berhasil menjadi komandan upacara tingkat provinsi Sulawesi Utara.

"Repost kembali foto2 waktu bertugas sebagai Paskibraka tahun 1991 ...kuyussss banget! #dirgahayu73 #paskibraka #banggaindonesia," tulis Marcelino di Instagram pribadinya.

Fero Walandouw

Masih di daerah yang sama, di Sulawesi Utara, aktor yang juga berprofesi sebagai model, Fero Walandouw pada tahun 2006 pernah mengemban tugas sebagai salah satu pengibar bendera tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

"Dirgahayu Indonesiaku #throwback #Paskibraka2006 #SulawesiUtara," tulis Fero.

Iqbaal Ramadhan

Meski terlihat bergaya kekinian, Iqbaal Ramadhan ternyata pernah menjadi anggota Paskibra saat duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pemeran Dilan ini menjadi salah satu anggota Paskibra di sekolahnya pada tahun 2012.

Marsha Aruan

Berbeda dengan yang lain, Marsha Aruan pernah menjadi petugas pengibar bendera merah putih di dalam akuarium raksasa yang penuh dengan ikan-ikan.

Pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, tahun 2018 lalu, ia berkesempatan mengibarkan bendera di Seaworld, Ancol, Jakarta Utara.

Inul Daratista

Tidak hanya bernyanyi dan bergoyang, pedangdut Inul Daratista juga pernah menjadi salah satu anggota paskibra di daerahnya Pasuruan, saat itu Inul masih duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar (SD).

Pasha Ungu

Wakil Walikota Palu, Pasha Ungu ternyata memiliki pengalaman mengibarkan bendera merah putih pada tahun 1995.

Pemilik nama lengkap Sigit Purnomo Syamsuddin Said ini mengibarkan bendera merah putih pada upacara kemerdekaan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Hengky Kurniawan

Hengky Kurniawan yang kini jadi Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat juga pernah menjadi anggota Paskibraka saat masih duduk di bangku SMA tahun 1999.

Bahkan, Hengky bertugas di hadapan Presiden Indonesia ke-3, BJ Habibie. Ia menjadi anggota Paskibraka saat momen Upacara Kemerdekaan RI ke-54 di Istana Presiden pada tahun 1999 lalu.

Tugasnya sebagai Wakil Bupati juga ternyata tidak lepas dari Paskibraka. Baru-baru ini ia mengunggah sebuah foto saat pengukuhan Paskibraka Kabupaten Bandung Barat.

"Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Bandung Barat 2019. Semangat adek2ku Paskibraka Bandung Barat," tulis Hengky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya