Yang Dikangenin Ringgo Agus Rahman Tiap 17 Agustus-an

Ringgo Agus Rahman.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Hari ini, tepat pada tanggal 17 Agustus 2019, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke-74. kurang lengkap rasanya, kalau merayakan kemerdekaan Indonesia tanpa hiburan dan perlombaan.

Jokowi Ungkap Rencana Upacara HUT RI Tahun 2024 di IKN Nusantara

Masyarakat Indonesia biasanya merayakan HUT RI dengan berbagai macam hiburan dan perlombaan. Lomba seperti panjat pinang, balap karung, dan makan kerupuk selalu ditunggu-tunggu.

Momen keseruan 17 Agustus-an dirasakan oleh semua, termasuk aktor Ringgo Agus Rahman. Suami dari Sabai Dieter itu mengenang masa-masa saat ia mengikuti aneka lomba 17-an.

Lomba Virtual di Rumah Berhadiah Keren dari Ecohome

Ringgo menyayangkan, karena kesibukannya, dia jadi enggak ada waktu untuk mengikuti aneka lomba. Makin ke sini, Ringgo sudah tidak pernah mengikuti perlombaan 17 Agustusan lagi.

“Gue kangen ya, ikutan lomba. Tapi bagaimana kondisi sekarang. Dengan tempat tinggal gue ada (perlombaan) tapi enggak tahu, deh belum pernah ikutan,” ucap Ringgo di XXI Epicentrum beberapa waktu yang lalu.

Satgas Kendal Jemput 4 Warga yang Positif COVID-19 Usai Pentas Dangdut

Ringgo mengungkapkan bahwa terakhir kali mengikuti perlombaan pada acara 17 Agustusan ketika tahun 2005 lalu. Pada saat itu, ia mengikuti lomba panjat pinang di daerah kelahirannya, Bandung, Jawa Barat.

“Sudah lama banget kuliah 2005 gue masih ikut panjat pinang,” kata Ringgo.

Di antara sekian banyak lomba yang biasa digelar saat 17-an, ada satu yang jadi favorit Ringgo. Dia sering melihat lomba itu pada waktu masih berada di Bandung.

“Kalau gue selalu senang melihat permainan gebuk bantal di atas sawah kalau enggak yang di kolam sama bapak-bapak yang pakai baju cewe main bola,” tuturnya.

Pria 36 tahun itu ternyata paling suka lomba 17 Agustus-an, gebuk bantal. Gebuk bantal biasanya berlangsung di atas sebuah tiang. Dua orang duduk berhadapan di atas sawah atau sungai untuk saling menjatuhkan dengan menggebuk menggunakan bantal. Siapa yang bertahan tidak terjatuh, maka dialah pemenangnya.

Selain lomba unik yang cuma ada saat 17 Agustus-an, ada juga lomba mainstream seperti sepakbola. Tapi permainan dibuat lebih seru dengan menggunakan kostum nyeleneh. Seperti yang diceritakan Ringgo Agus, bapak-bapak bermain bola sambil pakai daster.

Kalau kamu, apa yang paling diingat dari 17 Agustus-an?


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya