KPU Tetapkan Mulan Jameela Jadi Anggota DPR RI

Mulan Jameela.
Sumber :
  • VIVA/Maria Margaretha Delviera

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menetapkan penyanyi Mulan Jameela sebagai anggota DPR RI, setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memenangkan gugatan Mulan Cs terhadap Partai Gerindra. Istri musisi Ahmad Dhani ini terpilih dari Dapil Jabar XI periode 2019-2024.

TKN Prabowo Gibran Nilai Proses Rekapitulasi Pilpres Berlangsung Baik dan Lancar

Menurut laporan VIVAnews, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa pihaknya telah melengkapi seluruh syarat administrasi yang diminta oleh KPU, yang mana merupakan keputusan pengadilan yang telah memenangkan gugatan Mulan Jameela.

"Karena sengketa parpol terkait dengan gugatan Mulan Jameela dan kawan-kawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dikabulkan dengan putusan yang bersifat final and binding serta sudah inkrah. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi DPP partai Gerindra menjalani keputusan pengadilan tersebut," kata Sufmi, Sabtu, 21 September 2019.

7 Kota di Indonesia yang Miliki Jumlah Janda Muda Terbanyak, Mayoritas Pulau Jawa

Sementara itu, Wasekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, pergantian dua nama anggota DPR RI yang sebelumnya menempati perolehan suara ketiga, yakni Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi di posisi keempat, sudah dilakukan berdasarkan keputusan pengadilan yang bersifat final dan mengikat.

"Partai hanya melaksanakan keputusan pengadilan yang sudah inkrah," kata Andre Rosiade.

KPU Sudah Sahkan Rekapitulasi Pemilu 2024 di 34 Provinsi, Prabowo-Gibran Unggul di 32 Provinsi

Sebagai informasi, menurut Surat Keputusan KPU Nomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 tentang Perubahan Keputusan KPU Nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dalam Pemilihan Umum 2019 tertanggal 16 September 2019, nama Mulan Jameela ditetapkan sebagai anggota DPR RI terpilih dari Dapil Jabar XI dengan perolehan suara kelima sebanyak 24.192.

Dalam surat KPU ini dijelaskan bahwa Mulan Jameela ditetapkan oleh DPP Partai Gerindra sebagai pengganti antar waktu (PAW) dua nama anggota DPR RI yang sebelumnya menempati perolehan suara ketiga dan keempat, yakni Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi. Ervin dan Fahrul sendiri diketahui diberhentikan dari anggota Partai Gerindra.

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

TKN: Tidak Ada Suara Rakyat yang Dicurangi dalam Rekapitulasi

Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran melihat tidak ada kecurangan dalam rekapitulasi suara oleh Komisi Pemulihan Umum (KPU).

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024