Deddy Corbuzier Ajak Coki Pardede yang Agnostik jadi Mualaf

Deddy Corbuzier
Sumber :
  • VIVA/ Aiz Budhi

VIVA – Deddy Corbuzier mengundang Coki Pardede sebagai bintang tamu untuk program YouTube-nya. Pembicaraan keduanya cukup menarik, karena menyinggung masalah keyakinan.

Kisah Mualaf Ibu dari Crazy Rich Surabaya Gegara Melihat Orang Islam Lakukan Ini

Diskusi keduanya langsung dimulai dengan Deddy Corbuzier yang bertanya bagaimana cara me-mualaf-kan seroang Coki Pardede. Coki yang mengaku seorang agnostik tertawa lalu menanggapi dengan santai.

Ia mengatakan, tidak akan marah jika memang ada orang yang mengajaknya untuk memeluk agama mereka dengan nada bercanda atau serius. Sebab menurutnya, jika mengajak berarti ada hal baik yang harus dibagikan.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

"Sehingga menurut gua kalau ada beberapa orang yang mengatakan Coki kapan mualaf, kalau itu konteksnya becanda gua ga akan marah dan kalau pun konteksnya tidak bercanda, gua enggak akan marah. Kenapa? Menurut gua kalau orang merasakan hal baik pasti dia mau share dong ke orang lain," ujar Coki di video YouTube Deddy Corbuzier seperti dilihat VIVA, Jumat, 27 September 2019.

Baca Juga: Dicecar Deddy Corbuzier Soal Acara Settingan, Begini Respons Uya Kuya

Pengakuan Philippe Troussier Sempat Tak Mau Diketahui Jadi Mualaf

"Jadi menurut gua kalau ada orang yang mau gua masuk Islam gua sangat berterima kasih karena menurut gua dia peduli sama gua," sambungnya.

Deddy pun sempat mempertanyakan keyakinan yang saat ini dijalani oleh Coki, ia menyebut agnostik yang merupakan sebuah paham yang mempercayai adanya Tuhan tetapi tidak mempercayai ajaran agama manapun.

"Lu itu agnostik ya?" tanya Deddy.

"Iya betul kepercayaan gua agnostic," jawab Coki.

Coki akhirnya menceritakan bagaimana ia bisa menyebut dirinya sebagai agnostik. Dia mengungkap, tumbuh di keluarga yang memiliki keyakinan yang beragam dan membuat Coki sudah akrab dengan perbedaan sejak kecil.

"Dari gua lahir sampai umur gua tertentu, bokap gua tidak pernah membuat gua jadi Kristen secara seremonial atau apapun," katanya.

Sang ayah lalu menceritakan kenapa tidak pernah meminta Coki untuk memeluk keyakinan yang sama dengannya. Ayah Coki percaya jika keyakinan itu dipilih bukan diwariskan.

"Sampai akhirnya umur tertentu bokap gua menjelaskan tidak melakukan itu, bokap gua bilang, Coki, ada alasannya kepada papa tidak membuat kamu official masuk Kristen, karena menurut papa agama itu harus dipilih bukan diwariskan," ucap Coki.

Hingga saat ini Coki mengaku masih mencari dan mengambil apapun yang baik dari setiap keyakinan untuk diaplikasikan ke dalam hidupnya.

Dalam Instagram pribadinya Deddy pun menyampaikan indahnya berdebat dengan Coki sebab ada rasa saling menghargai dan tanpa emosi.

"@cokipardede666 dia AGNOSTIC.. Dan kita debat ttg sebuah Agama.. Indahnya disini adalah.. Bagaimana debat tanpa emosi.. Tanpa menghakimi.. Dan saling menghargai apapun pilihan orang lain.. Bukan saling menyalahkan.. Meng Haramkan.. Atau menghina.. Karena dunia sudah terlalu Rusak tanpa rasa Toleransi.. Pelangi itu Indah krn warna nya berbeda... Kalau satu warna.. Kue Apem," tulis Deddy Corbuzier. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya