Dituduh Curi Karya Ilustrator Lokal, Awkarin Bikin Heboh Twitter

Selebgram Awkarin.
Sumber :
  • Instagram/@awkarin

VIVA – Awkarin lagi jadi buah bibir gara-gara seorang ilustrator bernama Nadiyah membalas salah satu tweet influencer sekaligus selebgram itu. Awkarin mengatakan bahwa ia ingin membentuk sebuah komunitas aktivis. Namun, Nadiyah justru membahas masalah yang pernah dialami Awkarin pada tahun 2015 lalu.

Fakta-fakta Hubungan Awkarin dan Gangga Kusuma Digosipkan Putus

Komentar tersebut ditulis Nadiyah dalam bahasa Inggris. Begini artinya.

"Hahaha, kamu blokir aku di Instagram karena meminta kamu menuliskan kredit untuk ilustrator yang karyanya kamu curi dan unggah ulang untuk branding personal kamu. Melihat kamu menjadi aktivis di saat kamu sendiri mengeksploitasi karya orang lain itu membuatku muak," tulis Nadiyah.

Profil Gangga Kusuma yang Kembali Putus Hubungan dengan Awkarin

Ternyata Nadiyah adalah salah satu ilustrator yang merasa wanita bernama asli Karin itu mengunggah karya orang lain tanpa memberikan credit atau sumber. Itu membuat karya tersebut terlihat seperti buatan tangan karin sendiri.

Demikian menurut laporan laman Intip Seleb, Selasa, 29 Oktober 2019.

Diduga Putus sama Gangga, Awkarin: Nyari Penyakit Balikan Sama Mantan

Awkarin tentu saja tidak tinggal diam. Ia meminta Nadiyah membuktikan perkataannya dan menanyakan kapan itu terjadi. Ini karena Awkarin mengatakan bahwa dia pernah mengambil gambar vektor dari situs Pinterest yang tidak mencantumkan sumbernya pada tahun 2015-2016, yang diakui Awkarin memang merupakan kesalahannya.

Namun, jika kemudian diketahui sumber gambar tersebut, Awkarin mengatakan pasti akan menuliskannya dalam gambar yang ia unggah

"Dear @nadiyahrs, saya tunggu buktinya 1x24 jam ya. Saya ingin pertanggungjawaban dari ucapan kamu. Saya lagi males ribut-ribut ditontonin. Saya sudah DM kamu untuk minta contact kamu, nanti saya dateng + lawyer saya aja ke Bandung. Kita bisa bicara baik-baik. Thanyou," ucap Awkarin.

Awkarin juga menjelaskan duduk perkara masalah yang pernah ia alami karena hal ini. Ia mengakui bahwa itu merupakan kesalahannya dan ia pun telah meminta maaf pada ilustrator yang karyanya telah ia unggah tanpa mencantumkan sumber.

"Beberapa tahun lalu, aku mengambil gambar dari Pinterest, yang mana kita tahu bahwa mereka enggak mencantumkan sumber. Aku akui aku salah mengunggah gambar bahkan yang tak ada sumbernya sekali pun," kata Awkarin.

"Beberapa tahun lalu, aku sudah mengaku melakukan itu dan meminta maaf pada beberapa ilustrator yang mengklaim karyanya,” ujar Awkarin.

Awkarin juga menjelaskan mengenai masalah ini dari awal melalui thread di akun Twitter-nya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya