Pengakuan 6 Seleb Pindah Keyakinan di 2019 yang Bikin Heboh

Salmafina Sunan.
Sumber :
  • dok. instagram @salmafinasunan

VIVA – Keyakinan dalam beragama menjadi sesuatu yang sensitif untuk dibicarakan di Indonesia. Tapi di tahun 2019, isu ini ramai dibicarakan, setelah para artis atau orang dekat dari selebriti tanah air berpindah keyakinan.

INFOGRAFIK: Kaleidoskop Peristiwa Besar Sepanjang 2023

Keputusan untuk pindah keyakinan yang dilakukan para seleb memang seringkali mengundang perhatian publik. Siapa saja kah artis atau publik figur yang bikin heboh karena pengakuan perpindahan keyakinan itu? Berikut enam artis atau publik figur yang berpindah keyakinan di 2019.

Salmafina Sunan

Kaleidoskop 2023: Pecah, Bentrok Warga dan Aparat di Pulau Rempang

Pada pertengahan bulan Juli 2019 kabar menghebohkan datang dari putri Sunan Kalijaga, Salmafina Sunan yang dikabarkan telah pindah keyakinan setelah foto dirinya menggunakan kalung salib beredar di media sosial.

Salmafina Sunan.

Kaleidoskop 2023: Harga Bahan Pokok Melejit Bikin Daya Beli Rakyat Terjepit

Selain itu ada juga video yang memperlihatkan Salma sedang berdoa dengan sembari menangis dengan mengepalkan kedua tangannya. Salma pun akhirnya menyampaikan kabar terkait perpindahan keyakinan itu di sebuah stasiun televisi swasta.

Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier resmi masuk Islam. Deddy mengucap dua kalimat syahadat di Pondok Pesantren Ora Aji, Yogyakarta, Jumat, 21 Juni 2019. Kedatangan Deddy Corbuzier disambut masyarakat yang sudah menantinya. Mereka bersalawat ketika Deddy hadir di lokasi.

Deddy Corbuzier

Pembacaan dua kalimat syahadat dipimpin langsung oleh pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji ustaz Miftah Maulana Habiburrahman atau yang dikenal dengan Gus Miftah.

Usai mengucapkan dua kalimat syahadat Deddy dan Gus Miftah sontak berpelukan, suasana haru menyelimuti pondok pesantren saat itu, masyarakat yang mendengar pun langsung bertahmid dan bertakbir, mengucap hamdalah dan takbir.

Puput Nastiti Devi

Istri dari Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok, Puput Nastiti Devi dikabarkan berpindah keyakinan saat akan menikah dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kini keduanya telah hidup bahagia sebagai sepasang suami istri bahkan belum lama ini, terdengar kabar jika Puput telah melahirkan. Kabar tersebut muncul karena foto Puput sedang menggendong bayi beredar di media sosial.

Foto pernikahan Ahok dan Puput Nastiti Dewi

Puput yang mengenakan baju hitam dengan motif merah dari Chanel menggendong bayi yang terbungkus selimut putih biru garis-garis.

Mikael Mirdad

Kini giliran suami dari aktris Nadia Shapira yaitu Mikael Mirdad yang dikabarkan telah berpindah keyakinan, hal itu disampaikan oleh Anton Ganie selaku paman dari Nadia Shapira setelah dirinya mengikuti prosesi akad nikah.

Anton menyampaikan jika suami dari Nadia Shapira itu adalah seorang mualaf. Yang pasti kini Nadia dan Mikael telah resmi menjadi pasangan suami istri. Keduanya menikah setelah sekiranya menjalani hubungan selama 3 tahun.

Coki Pardede

Pengakuan dibuat oleh seorang stand up comedian, Coki Pardede dalam sebuah video di akun YouTube Deddy Corbuzier, ia mengaku jika dirinya merupakan penganut agnostik. Hal itu bermula ketika Deddy Corbuzier bertanya bagaimana cara me-mualaf-kan seorang Coki Pardede. Coki pun mengaku jika dirinya seorang agnostik.

Dalam video itu juga Coki mengungkap, jika ia tumbuh di keluarga yang memiliki keyakinan yang beragam dan membuat Coki sudah akrab dengan perbedaan sejak kecil. Sang ayah lalu menceritakan kenapa tidak pernah meminta Coki untuk memeluk keyakinan yang sama dengannya. Ayah Coki percaya jika keyakinan itu dipilih bukan diwariskan.

Hingga saat ini Coki mengaku masih mencari dan mengambil apapun yang baik dari setiap keyakinan untuk diaplikasikan ke dalam hidupnya.

Reza Arap Oktovian

Setelah ramai dengan Coki Pardede, Deddy Corbuzier kembali mengajak seorang YouTuber yang kini aktif sebagai musisi Reza Arap Oktovian yang akrab disapa Arap. Dalam video itu awalnya, Reza mengaku mengganti nama yang semula Muhammad Reza Oktovian menjadi Reza Oktovian, hingga akhirnya keluar pengakuan bahwa dirinya sampai saat ini tidak menganut agama apa pun.

Reza Arap.

Tetapi meski tak memiliki agama, personel Weird Genius itu mengaku hapal Al Fatihah, hapal beberapa ayat dalam Al Kitab, hingga lagu-lagu pujian. Ia juga mengaku belajar agama Buddha dan Hindu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya