5 Fakta Lyodra Ginting, Juara Indonesian Idol Termuda

Lyodra Ginting.
Sumber :
  • Instagram @lyodraofficial

VIVA – Nama Lyodra Ginting kini sedang hangat diperbincangkan oleh banyak orang Indonesia. Gadis berusia 16 tahun tersebut baru saja menjuarai ajang menyanyi bergengsi yaitu Indonesian Idol 2020.

Jadi Sorotan, Terungkap Member BTS Ini Jadi Bias-nya Lyodra

Dara kelahiran Medan, Sumatera Utara, 21 Juni 2003 tersebut sukses jadi juara Indonesian Idol setelah berhasil mengalahkan saingannya asal Jawa Timur, Tiara Anugerah. Sontak kesuksesan itu membuat ia kaget bukan main.

Kemenangan Lyodra kali ini dinilai sebagai penerus tradisi juara berasal dari Medan. Pada tahun lalu, ada nama Maria Simorangkir yang juga berasal dari Medan sukses membawa pulang gelar juara tersebut.

Nonton Konser Coldplay, Lyodra Ginting Kena Tipu?

Tidak terlepas dari itu, ada beberapa fakta menarik di samping suksesnya Lyodra menjadi juara ajang bernyanyi tingkat nasional yang disiarkan TV swasta ini. Kemenangannya dinilai punya banyak fakta unik yang tidak dimiliki penyanyi lain.

Berikut tim VIVA merangkum beberapa fakta tentang Lyodra Ginting setelah mampu merengkuh juara di Indonesian Idol ke-10.

Momen Lucu Lyodra Kaget Tiba-tiba DK iKON Muncul di Panggung Saat GR

Juara Festival di Italia

Anak perempuan yang lahir dari pasangan Simar Ginting dan Natalia Johana Tarigan tersebut pernah menjuarai festival menyanyi tingkat internasional di negeri pizza, Italia pada tahun 2017 silam.

Ia sukses menjadi pemenang dalam ajang menyanyi solo untuk usia 6-15 tahun tersebut di Kota Sanremo, tahun 2017 yang membuat namanya makin mencuat setelah dimentori oleh anak komposer terkenal yaitu, Gita Gutawa.

Asuhan Erwin Gutawa

Talenta yang dimiliki oleh Lyodra nyatanya sudah tercium oleh komposer kenamaan Indonesia, Erwin Gutawa. Berbulan-bulan Lyodra digembleng di bawah arahan Erwin dan Gita.

Akhirnya anak Medan ini dipercaya ikut dalam proyek ‘Di Atas Rata-Rata 2’ gubahan Erwin Gutawa. Ia dinilai yang mempunyai ciri khas suara melengking lewat teknik head voice itu.

Disandingkan dengan Gelar Diva

Pada fase Spekatakuler Show Top 8 Indonesian Idol, Lyodra tampil menawan dengan membawakan lagu Rekayasa Cinta karya Munif Karma. Gadis 16 tahun itu pun langsung mendapatkan pujian dari juri, Maia Estianty.

Saat diminta untuk memperhalus nada tinggi di lagu itu, Maia sontak mengeluarkan komentar yang isinya menyandingkan gelar diva pada Lyodra.

"Kalau kamu bisa pelajari itu, kamu bisa jadi diva," jelas Maia.

Penyanyi Kedua Termuda yang Menang Indonesian Idol

Di edisi ke-9 gelaran Indonesian Idol, Indonesia dibuat takjub dengan talenta muda bernama Maria Dwi Permata Simorangkir atau biasa disebut Maria Simorangkir yang sukses mendapat gelar juara ajang bernyanyi tingkat nasional tersebut.

Umur Maria saat menjuarai ajang itu terhitung muda, yaitu 17 tahun. Akhirnya dia dinobatkan sebagai penyanyi termuda yang bisa menjuarai kontes bernyanyi tersebut.

Namun, rekor itu pecah pada penyelenggaraan Indonesian Idol ke-10 tahun 2020 ini. Ada juara baru bernama Lyodra Ginting yang sama-sama mempunyai darah Medan dengan Maria. Tetapi Lyodra ternyata lebih muda dua tahun dibandingkan dengan pendahulunya tersebut. Lyodra sukses merengkuh juara Indonesian Idol 2020 di usia 16 tahun.

Menang AMI Awards

Gadis 16 tahun asal Medan ini juga pernah memenangkan penghargaan AMI Awards untuk kategori solo perempuan anak-anak terbaik. Di samping itu, berkat penghargaan tersebut, ia pun sudah punya banyak penggemar dan menamakan diri mereka sebagai mylyodra.

Di atas adalah fakta-fakta menarik yang ada pada diri Lyodra setelah sukses menjuarai ajang bernyanyi nasional, Indonesian Idol tahun ini. Sekali lagi, selamat ya Lyodra!

Laporan: Abdulah Saputra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya