Bocor, Ini Video Asli Percakapan Kanye West-Taylor Swift Soal Famous

Taylor Swift.
Sumber :
  • Instagram/taylorswift

VIVA – Masih ingatkah dengan penyebab perseteruan Taylor Swift dan Kanye West beberapa tahun silam? 

Mantan Taylor Swift Matty Healy Buka Suara Soal Album Terbaru The Tortured Poets Department

Pada 2016 silam beredar video yang memuat percakapan antara Kanye West dan Taylor Swift terkait lagu Famous diunggah oleh istri Kanye, Kim Kardashian. Dalam video itu Taylor seolah setuju terkait lirik "I made that bitch famous" di lagu Famous milik Kanye West.

Padahal, Taylor mengaku tidak tahu dan tak pernah setuju atas lirik di lagu Famous yang telah dirilis Kanye. Hingga akhirnya video itu menyebabkan perundungan massal dan Taylor dianggap telah berbohong. 

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

Dilansir laman People, empat tahun setelah kejadian tersebut, tepatnya pada Sabtu 21 Maret 2020, video asli percakapan Kanye West dengan Taylor Swift menyebar secara tiba-tiba di internet. Video itu menggambarkan bahwa pernyataan Taylor Swift bahwa ia tak tahu dan tak setuju atas lagu yang dirilis 1 April 2016 itu benar adanya.

Dari 25 menit video tersebut beredar, berikut ini petikan asli sejumlah percakapan yang menghebohkan dunia maya empat tahun lalu.

Taylor Swift Ungkap Patah Hati Lewat "Down Bad"? Sindir Mantan Matty Healy?

Kanye West: Ini keren banget, ibaratnya mirip Steve Jobs, Apple, tapi versi musik. Jadi saya ingin kamu 'berkicau' soal single baru saya. Bakal dirilis Jumat ini. Itulah kenapa saya menelpon kau, bahwa saya ingin kamu mempromosikannya.

Taylor Swift: Oh, wow. Saya rasa ini bakal bikin orang bertanya-tanya? Mungkin mereka bakal berpikir saya berkontribusi pada lagu ini.

West: Sebenarnya, alasan mengapa ini akan jadi pembahasan adalah karena lirik kontroversial di awal lagu tentang dirimu.

Swift: [terdengar khawatir]. Apa itu?

West: Lagunya keren banget. Saya sempat membahas ini dan duduk bareng dengan istri saya dan tim manajemen. Saya berusaha hingga 8 bulan untuk mewujudkan lirik ini. Saya coba dengan semua cara terbaik. Memang ini sangat kontroverisal. bergaya agak mirip Eminem. Jadi kamu siap gak?

Swift: Yeah.. (terdengar pasrah)

West: Okay, baiklah. Tapi kamu terdengar tak suka.

Swift: Apakah (lirik yang dibuat Kanye) akan terdengar jahat?

West: Tidak, saya tak merasa ini jahat.

Swift: Okay, baiklah, biarkan saya mendengarnya.

West: Okay. Memang agak sedkit gila. Itu juga yang dikatakan istri saya. "Hah? Apa itu tidak terlalu gila?" bla bla bla. Dan kemudian ketika Ninja (personel Die Atwoord) mendengarnya, dia juga kaget, katanya "Ya Tuhan ini hal paling gila. Inilah kenapa saya cinta Kanye" dan sebagainya. Dan kini ini jadi favorit istri saya. Saya hanya ingin menunjukkan kepadamu singkatnya Oke?

Swift: Okay.

West: Jadi liriknya berbunyi "To all my Southside N- that know me best, I feel like Taylor Swift might owe me sex".

Swift: [tertawa lega] Itu tidak jahat.

West: Okay. Ya inilah alasan saya menelpon dirimu, karena kau punya fan fanatik. Kau punya fan dua juta orang di negara ini, dasarnya, yang bila kau merasa ini lucu atau keren seperti hip-hop, dan seolah "The College Dropout" dan musisinya seperti Kanye yang kau suka, maka saya merasa bahwa orang akan menyukainya juga.

Swift: Ya Tuhan! Tapi maksud saya, saya harus memikirkannya dulu, (Taylor belum setuju). Karena ini jelas gila. Jujur saya senang ini tidak terdengar jahat. Saya pikir kamu akan menyebut "that stupid, dumb bitch". Namun ternyata tidak. Tapi soal soal perilisan itu, rasanya nantinya saya akan membingungkan orang lain. Saya perlu memikirkannya.

West: Kamu tidak harus ikut merilisnya dan berkicau. Itu cuma ide tambahan saya saja. Namun bila kau berpikir ini keren, maka ini keren. Bila tidak.. maksud saya kami merilis hal yang jelek, cuma akan merilisnya di SoundCloud, seperti itu.

Swift: Kau tahu, segala yang saya lakukan menjadi seolah hal yang feminis. Dan bila saya merilisnya, mereka akan terkejut dan berganti pemikiran. Saya pikir bila saya merilisnya, jujur, saya yang tak terlihat bagus. Karena saya pikir bila saya ikut merilisnya, itu menambah kritikan. Karena memiliki banyak pengikut dan banyak pasang mata kepada saya sekarang, orang hanya menanti melihat saya melakukan hal bodoh atau memalukan. Saya merasa seperti orang akan mencoba membuat ini menjadi hal negatif yang datang dari saya, mengerti kan? Saya rasa saya amat sadar tentang di mana saya sekarang, dan saya merasa kini saya mendekati level overexposure.

Maksud saya, saya tidak berpikir siapa pun yang mendengarnya dan berkata, 'Oh itu sindiran banget', seperti 'Taylor pasti nangis dengar bagian itu'. Saya ingin kita harus memilih momen kita melakukan hal bersama dan memastikannya ini benar keren.

Wes: Yeah, persis. Kita tidak dapat memilikinya seperti menjadi ide orang lain yang ada di depan dan mereka seperti ... Karena jika kau suka tipe orang yang benar-benar benar, kreatif, visceral, dan bersemangat, mungkin sulit bagi kau untuk bekerja di perusahaan. 

Jadi bagaimana kau bisa memberikan ide-ide kreatif kreatif sementara kau bekerja di rumah non-kreativitas? Itu aneh. Jadi setiap kali kita berbicara langsung ... Oke, sekarang bagaimana jika nanti dalam lagu itu saya juga mengatakan, eh ... "I made her famous"? Apakah itu...

Swift: (terdengar kaget dan khawatir) Kau serius akan mengatakannya?

West: Ya mungkin saja. (tertawa)

Swift: Nah, apa yang akan saya lakukan?

West: Hmm..mengibaskan rambut?

Swift: Ya. Maksud saya ... Um ... Ini seperti, terserah, pada kali ini. Tapi maksud saya, kau harus menceritakan kisah itu bagaimana hal itu terjadi pada dirimu dan cara kau mengalaminya. Seperti, kau sejujurnya tidak tahu siapa saya sebelumnya. Seperti, tidak masalah jika saya menjual 7 juta album (Fearless) sebelum kau melakukannya (insiden VMA 2009), yang mana itulah yang terjadi. Kau tidak tahu siapa saya sebelum itu. Tidak apa-apa. Tapi, um, ya. Saya tidak sabar untuk mendengarnya.

Video percakapan Taylor Swift dan Kanye West yang bocor ini pun membuat penggemar Taylor, Swifties, geram. Mereka geram karena selama ini mereka menyebut Taylor berkata yang sesungguhnya, namun musisi itu mendapatkan cercaan dan cacian atas hal yang tak ia lakukan.

Akhirnya Swifties pun menggaungkan #TaylorToldTheTruth, #KanyeWestIsOverParty sebagai ungkapan kekesalan hingga menjadi trending topic. Namun hingga saat ini, baik Taylor Swift mau pun Kanye West belum bereaksi atau mengeluarkan pernyataan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya