Pakai Antiseptik untuk Cairan Diffuser, Selebgram Dinda Safay Dihujat

Dinda Safay
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Nama selebgram Dinda Safay menjadi trending topik Twitter setelah membuat sebuah video dan jadi sorotan. Ia membuat cairan diffuser dengan menggunakan antiseptik yang diklaim bisa menghilangkan virus dan bakteri.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Dalam video itu Dinda menyebutkan jika cairan yang dibuatnya ini bisa menjadi anti virus corona atau COVID-19. 

"Tips ruangan bersih dari VIRUS/BAKTERI/DEBU!" tulis Dinda pada video itu.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Dinda membuat cairan diffuser dengan menggunakan satu botol air mineral dan cairan antiseptik yang dicampurkan tanpa menggunakan takaran. Cairan itu kemudian ditaruh pada alat diffuser. Diffuser sendiri sering digunakan untuk melembabkan ruangan dengan menggunakan uap dari minyak esensial.

Dari video itu akhirnya Dinda dianggap memberikan informasi yang salah. Sebab, antiseptik seharusnya hanya digunakan untuk luar tubuh bukan untuk diuapkan yang akan terhirup dan masuk ke dalam tubuh.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Ini bukan pertama kalinya nama Dinda Safay masuk dalam trending topik Twitter, sebelumnya ia juga sempat dianggap memberikan informasi yang salah terkait pembuatan hand sanitizer.

"Dinda Safay berulah lagi. Tolong dong kalau ngeshare ginian harus ada dasarnya yang valid. Jangan malah bahayain orang lain," kata pengguna Twitter.

"Dinda Safay tuh ada masalah apasih dari kemaren seenaknya bikin DIY tanpa riset? kemaren bikin hand sanitizer pake alkohol 95% sama 96% dicampur aloevera nr, sekarang dettol dijadiin ginian," kata netizen.

Ada juga yang menyarankan agar Dinda Safay tetap pada keahliannya yaitu bermake-up dan tidak memberikan informasi yang salah tentang ilmu yang tidak dimilikinya.

"Bukan maksud membully, tapi apa yang dia lakukan itu merugikan orang lain. Kalau gak punya ilmu di bidangnya mending gak usah coba-coba. Kalau dia jago di makeup ya main makeup aja mba Dinda Safay. Kamu followernya banyak, berpengaruh ke banyak orang juga. Tapi kalau infonya gak bener kan bahaya," kata netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya