Pembakar Mobil Via Vallen Jadi Tersangka, Terancam 12 Tahun Penjara

Mobil Via Vallen hangus dibakar orang.
Sumber :
  • Instagram @viavallen

VIVA – Penyidik Kepolisian Resor Kota Sidoarjo menetapkan Pije (41 tahun), warga Kota Medan, Sumatera Utara, sebagai tersangka dalam insiden pembakaran mobil Toyota Alphard milik pedangdut terkenal Via Vallen di rumahnya Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Selasa dini hari, 30 Juni 2020. Tersangka terancam hukuman maksimal dua belas tahun penjara.

Via Vallen Gelar Tasyakuran Hamil 4 Bulan, Ungkap Rasa Syukur

Kepala Polresta Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Sumardji menjelaskan, penetapan Pije sebagai tersangka setelah penyidik memeriksa tersangka dan beberapa saksi, juga mengantongi beberapa alat bukti lainnya. Hasil olah tempat kejadian perkara juga menguatkan itu. “Statusnya (Pije) kita naikkan jadi tersangka,” katanya kepada wartawan pada Rabu, 1 Juli 2020.

Baca: Kronologi Mobil Alphard Via Vallen Dibakar Orang

Selamat! Via Vallen Umumkan Hamil

Mantan Kepala Subdit Regident Ditlantas Polda Jatim itu mengatakan, tersangka dijerat dengan Pasal 187 ayat (1) Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang pembakaran dengan sengaja. Sumardji menyebutkan, ancaman hukuman bagi Pije maksimal 12 tahun penjara. “Terkait psikologinya, masih kami dalami, kami minta psikiater memeriksa,” tandas Sumardji.

Ia menjelaskan, butuh waktu lama untuk menetapkan Pije sebagai tersangka. Sebab, saat awal diamankan dan dimintai keterangan, ucapannya tidak jelas dan ngelantur. Bisa jadi, tersangka saat itu dalam pengaruh minuman alkohol. Baru pada Selasa malam tersangka bisa diajak berkomunikasi secara baik dan tenang.

Cekcok Mulut, Mobil Pria Beristri di Langkat Dibakar Selingkuhan di Kebun Tebu

Mobil Alphard putih milik pedangdut Via Vallen yang terparkir di samping rumahnya di Tanggulangin, Sidoarjo, disangka dibakar Pije pada Selasa dini hari, 30 Juni 2020. Via mengunggah musibah itu di Instagram Story-nya sekira pukul 04.00 WIB.

Dalam akun Instagramnya, suara wanita diduga Via terdengar panik dan ketakutan saat melihat mobil Alphard-nya warna putih dilalap api. “Tolong pemadam kebakaran di daerah Sidoarjo, tolong cepat ke daerah Tanggulangin. Tadi udah ditelepon, tapi enggak ke sini-ke sini. Itu ada kebakaran di samping rumah," suara dalam video Instagram Via Vallen.

Sekira pukul 05.00 WIB, api berhasil dipadamkan dan tidak merambah ke bangunan sekitar. Sayang, hampir seluruh bodi mobil Via sudah terbakar. "Ini tadi katanya ada yang baka. Awas, yang bakar aku laporin polisi," tulis Via di akun Instagramnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya