Pita Suara Bermasalah, Judika Sering Keluarkan Darah

Judika
Sumber :
  • Instagram @jud1ka

VIVA – Penyanyi Judika mengaku bahwa dirinya sempat mengalami masalah di pita suaranya. Hal tersebut dijelaskan pria dengan nama lengkap Judika Nalon Abadi Sihotang tersebut dalam konten YouTube yang diunggah ke kanal YouTubue Daniel Mananta Network dengan judul Perjuangan menjadi penyanyi, Judika alami masalah pita suaranya - Daniel Tetangga Kamu.

Ngeri! Uang Koin Logam Nyangkut Di Dalam Pita Suara Seorang Remaja

Judika menjelaskan bahwa masalah yang terjadi di pita suaranya itu disebabkan oleh jadwal manggung yang padat, ditambah dengan kurangnya waktu untuk beristirahat. 

“Tapi waktu itu memang, karena seringnya nyanyi dan istirahatnya kurang banget, apalagi sebelum pandemi ini itu kita bisa kayak wedding beberapa, terus main di kafe jam 2, tidur jam 4 pagi, pindah lagi ke kota lain, bener-bener," kata Judika dikutip VIVA, Rabu, 22 Juli 2020.

Sultan Korban Kabel Menjuntai Alami Cacat Permanen, Pita Suara Harus Diangkat

Bahkan saking parahnya gangguan pita suara yang dialami Judika, penyanyi berusia 41 tahun itu sering mengeluarkan darah dari tenggorokannya. Hal itu terjadi jika ia sedang letih. Biasanya kejadian tersebut dialami Judika pada pagi hari.

“Lu bayangin, tiap pagi gue bangun, apa sih ini, itu darah itu kental. Dahak tapi lebih banyak darahnya, tiap pagi kalau gue capek. Kalau nanti ada beberapa istirahat dia enggak,” ujar Judika.

Mahasiswa yang Terjerat Kabel Fiber Optik Mulai Bisa Bicara dan Berat Badan Naik

Baca juga: Tiara Andini Kian Populer, #TerimaKasihJudika Viral

Dalam konten YouTube tersebut, Judika juga menjelaskan bahwa dirinya bisa mengambil sisi positif dari adanya pandemi COVID-19 seperti saat ini. Pelantun Bukan Dia Tapi Aku itu merasa memiliki waktu yang banyak untuk beristirahat dan memulihkan kondisi pita suaranya. Saat ini, kondisi pita suara Judika pun sudah semakin membaik.

“Jadi gua tuh pas kejadian tuh gua ada syukurnya karena akhirnya gua bisa istirahat. Di sebulan pertama gua, thank you God,” kata Judika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya