Kiat Oki Setiana Dewi Tetap Kuat Berhaji saat Hamil

Oki Setiana Dewi dan Keluarga
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Aktris Oki Setiana Dewi dan suaminya baru saja pulang ke Tanah Air setelah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Padahal Oki tengah hamil enam bulan.

Terpopuler: MUI Minta Film Kiblat Tidak Tayang sampai Harapan Teuku Ryan

Oki mengaku, sebelum keberangkatannya ke Baitullah, dia telah melakukan konsultasi kepada dokter kandungannya untuk melihat kelayakannya menjalankan ibadah haji dari sisi kesehatan dan kondisi kehamilannya.

"Karena enggak bakal bisa pergi kalau dokter tidak mengizinkan. Dan kondisi ibu hamil kan berbeda-beda, ada yang memang kondisinya lemah, ada yang baik, dan dokter mengizinkan karena memang sudah tri-semester kedua, jadi sudah dalam kondisi yang nyamanlah. Kalau hamil muda atau hamil tua kan susah, tapi saya di tengah-tengah,"  ujar Oki saat ditemui di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin, 11 September 2017.

Jadi Saksi di Sidang Cerai Ria Ricis, Ini Kata Oki Setiana Dewi

Oki mengaku, upayanya selalu menjaga pikiran agar tetap positif selama menjalankan rukun haji, sangat ampuh untuk meredam semua kesusahan dan keluh kesah selama prosesi haji yang harus dijalani.

"Karena pikirannya positif, jadi dibawa senang, santai, dan semuanya enggak ada kendala apa pun. Walaupun harus jalan kaki ke lempar jumroh itu 10 kilometer bolak-balik, tapi karena ramai dan menyenangkan jadi enggak berasa berat aja," kata Oki.

TERPOPULER: Epy Kusnandar Jualan Gorengan, Dian Sastro Mualaf Hingga Oki Setiana Pindah ke Mesir

Banyak Minum

Mengenai asupan untuk kehamilannya selama berhaji, Oki pun mengaku tidak terlalu dibebankan pada makanan atau pantangan apa pun. Yang terpenting, dia mengingatkan kepada para muslimah lain yang berhaji dalam keadaan hamil, untuk tidak memaksakan kondisi mereka apabila sudah lelah atau kepayahan.

"Karena sebelum berangkat haji kan sudah kontrol ke dokter, jadi dikasih vitamin dan obat-obatan, jadi enggak banyak kendala berarti. Paling disuruh banyak minum air putih aja sih biar enggak dehidrasi," kata Oki.

Ia melanjutkan, "Yang paling penting, kalau ibadah haji saat hamil itu jangan dipaksakan. Jadi kalau udah terasa lelah, maka saya akan bilang sama suami kalau saya perlu kursi roda. Karena kan tawaf, sa'i, lempar jumroh itu selalu disiapkan kursi roda." (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya