Opie Kumis Komentari Dugaan Joshua Hina Islam

Joshua saat menyaksikan konser G-Dragon di Jakarta, Minggu, 3 September 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA – Komedian senior Opie Kumis cukup kaget dengan video komika Ge Pamungkas dan selebriti Joshua Suherman, saat melakukan lawakan stand up comedy. Mereka berdua terlihat dan terdengar menghina agama Islam dan Ge juga sempat menyindir mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok soal banjir di Jakarta.

Dijadikan Bahan Roasting, Jefri Nichol Siapkan Mental Biar Gak Baper

Bang Opie, begitu sapaannya mengatakan bahwa sebagai komedian harus belajar agama dan melawak tidak mengandung SARA. Tentunya, agar tidak mengundang hal-hal yang tak diinginkan.

"Sebagai komedian harus cerdas, belajar agama agar mengerti batas-batas yang harus kita lontarkan dalam lucuan. Kan, banyak teknik dalam melucu. Kalau menurut gue sih, emang orangnya yang kurang pinterlah, kurang cerdas," katanya, saat dihubungi VIVA, Seni, 8 Januari 2018.

Terjun ke Dunia Akting, Clairine Clay Sering Tanya Pendapat Joshua Suherman

Pembawa acara Pesbukers ini menjelaskan bahwa jika kedua selebriti itu tidak meminta maaf secara umum, dengan atau tanpa menggandeng ulama, kariernya akan kandas di tengah jalan.

"Kalau terbukti, dia harus minta maaf dan kalau dia bertahan dengan kesombongannya, kariernya sudah selesai," tutur pria yang gemar mengoleksi topi tersebut.

Pose Bareng Joshua Suherman, Tangan Iqbaal Ramadhan Jadi Sorotan

Pria bernama lengkap Muchtar Lutfi itu mencontohkan ada banyak cara agar Ge dan Joshua meminta maaf. Salah satunya dengan menggandeng ulama yang bijak, netral dan tak beraliran keras.

"Harusnya, dia datanglah ke salah seorang ulama yang bijak kan banyak. Jelasin saja, apa yang sudah diperbuat. Ketemu dan bicarakan, kalau telah melawak dan ingin meminta maaf atas lawakan dia. Minta dampingi untuk mohon maaf kepada umat Islam. Gue rasa itu salah satu jalan keluar," ungkap pria berusia 57 tahun itu. (asp)

Artis Nikita Willy

Terungkap, Nikita Willy Akui Pernah Labrak Joshua

Calon istri Indra Priawan itu membenarkan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2020