Ernest Prakasa Komentari Dugaan Joshua Suherman Hina Islam

Ernest Prakasa
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

VIVA – Komika Ge Pamungkas dan Joshua Suherman saat ini tengah banyak mendapat hujatan dari sejumlah pihak, karena materi stand up comedy yang mereka bawakan dinilai telah melecehkan agama Islam.

Ernest Prakasa Peringatkan Penipuan Berkedok Tiket Nobar Film

Saat diminta berkomentar mengenai kasus tersebut, sutradara yang juga komika, Ernest Prakasa mengatakan, setiap komedian memang harus memiliki tanggung jawab atas materi apapun yang diutarakan dalam pertunjukannya.

"Sebenarnya, tanpa ada masalah apapun, kondisi apapun, secara umum buat aku pribadi setiap komedian selalu punya tanggung jawab atas apa yang diomongin," kata Ernest saat ditemui di di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 9 Januari 2018.

Ernest Prakasa Protes, Hasil Tes Swab Tidak Diperiksa Bandara

Prinsip itu pula lah yang selalu dipegang Ernest saat membawakan materi-materi stand up comedy, sehingga dia kerap memikirkan terlebih dahulu apa-apa yang akan diucapkannya.

"Kalau terlepas dari kondisi politik, kondisi apapun, selalu harus siap bertanggung jawab. Sesimple itu saja sih. Aku mau ngomong apapun, aku pikirin dulu. Ini nanti ada yang tersinggung kah, ada yang mempermasalahkan atau enggak, kita harus siap sama reisikonya," kata Ernest.

Kerap Dicibir Netizen, Ernest Prakasa Gak Dendam

Suami dari Meira Anastasia itu menegaskan, meskipun sebagai seniman memiliki hak untuk berekspresi, namun hal itu tentunya dibarengi dengan rasa tanggung jawab di diri masing-masing.

Oleh karenanya, siapapun yang berani mengungkapkan sesuatu di hadapan publik, seharusnya juga berani mempertanggungjawabkannya.

"Ya itu, kita tuh seniman bebas berekspresi, tapi bebasnya bebas bertanggung jawab. Jadi kalau ada dampak dari apa yang kita lakuin, ya kita harus siap, itu aja. Siap ngomong, siap tanggung jawab," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya