Lagi Hits, Artis-artis Amerika Nyanyi Dangdut

Marina McKenney
Sumber :
  • NSR Entertainment/tvOne

VIVA – Dangdut makin dikenal di kancah internasional. Bukan hanya di Asia, musik ini bahkan berhasil membuat Amerika Serikat bergoyang.

Ramai Dikabarkan Dekat, Happy Asmara Ungkap Sosok Gilga Sahid

Sejumlah penyanyi AS, ternyata pernah membawakan lagu dangdut, tentunya dengan lirik asli Indonesia. Meski tak sempurna, para artis ini tampak penuh niat saat menyanyikan lagu dangdut yang berbahasa Indonesia.

Beberapa di antaranya ada Marina McKenney, penyanyi asal Wilmington, Delaware. Marina pernah membawakan lagu kebangsaan AS, The Star Spangled Banner, di acara-acara olahraga. Marina rupanya jatuh hati pada musik dangdut, sejak pertama kali mendengarnya. 

Penampakan Amy BJ WNA Korea, Penuhi Panggilan Polisi Soal Tisya Erni

Artis bertubuh sintal ini kerap unjuk kebolehannya menyanyi dangdut, seperti lagu Goyang Dumang. Dia, bahkan meminta para pengikut media sosialnya memberi masukan untuk lagu dangdut yang dinyanyikannya.

"Aku penasaran, apakah followers-ku dari Indonesia punya saran atau masukan. Apakah pengucapannya sudah benar? Bagaimana dengan Bahasa Indonesia saya? Bagaimana dengan ritme musiknya?" tanya Marina dalam sebuah video.

Tisya Erni Disebut-sebut Pakai Susuk untuk Pikat Aden Wong, Ahli Spiritual: Karma itu Ada

Rupanya, pengaruh dangdut di AS ini tak lepas dari NSR atau dikenal juga sebagai New Sound Release Production yang merupakan label independen pertama untuk musik dangdut di Amerika Serikat.

Didirikan pada 2004 oleh Rissa Asnan, rumah produksi ini berhasil memperkenalkan musik dangdut di Amerika Serikat, lewat lomba menyanyi dangdut yang diikuti sejumlah penyanyi asli Amerika.

Marina sendiri ikut bergabung dan membawakan lagu dangdut Separuh Hatimu. Ada juga Sakit Tau karya Arya Bhima yang dilantunkan oleh Joelina Bee, dan Gelisah karya Dorce Gamalama, dinyanyikan oleh Dannielle Desiree. Baru-baru ini, Dannielle Desiree, vokalis R&B Amerika tersebut, bahkan merilis singlenya berjudul Kinyis Kinyis bersama NSR Entertainment.

"Kalau cengkok mereka harus banyak belajar, karena untuk tahu akar dari musik dangdut itu dari cengkok. Tapi tentunya, kalau kita ingin menduniakan, kita harus sesuaikan dengan selera Amerikanya juga," kata Rissa Asnan, CEO dan pendiri NSR Entertainment kepada reporter tvOne, Yanri Subekti di Amerika.

Risaa pun berharap, Indonesia bisa mengerti hal itu sehingga dangdut bisa lebih dipromosikan dan disukai lagi oleh dunia. Tonton dulu sederet penyanyi AS yang membawakan lagu dangdut di video berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya