Konflik Via Vallen dan Jerinx SID, Ini Komentar Raja Dangdut Koplo

Raja Dangdut Koplo, Sodik Monata
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Pedangdut Via Vallen terlibat konflik dengan Jerinx, drummer Superman Is Dead (SID). Dia menegur pedangdut Via Vallen karena membawakan lagu mereka tanpa izin.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Lewat akunnya di Instagram, Jerinx mengaku kesal dan marah karena lagu berjudul Sunset di Tanah Anarki (SDTA) berkali-kali dibawakan Via namun tanpa konfirmasi dan izin kepada SID. 

Raja Dangdut Koplo, Sodik Monata, enggan mencampuri terlalu jauh urusan Via Vallen dan Jerinx. Sodik sendiri mengaku pernah menyanyikan lagu SDTA milik SID. Namun, lagu itu ia bawakan hanya saat manggung bersama grup koplo Monata.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

"Kalau soal Via Vallen saya enggak berani ngomongin itu. Saya juga pernah menyanyikan lagu itu, tapi pas sama Monata saja, kalau pas manggung sendiri tidak pernah," kata Sodik di Malang, Kamis, 15 November 2018.

Sodik mengatakan, sebagai penyanyi dangdut, lagu yang dinyanyikan saat manggung bersama grup Monata, 60 persen merupakan karya sendiri. Sedangkan, 40 persen merupakan lagu orang atau karya orang lain.

Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga Terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

"Memang benar, penyanyi dangdut itu lebih mudah menyanyikan daripada menciptakan lagu," ujar Sodik.

Sebagai Raja Dangdut Koplo Tanah Air, Sodik mengakui seharusnya sesama seniman menghargai karya antar seniman lainnya. Menurutnya, menciptakan lagu berawal dari ide yang tidak dimiliki orang banyak. Sehingga selayaknya pencipta lagu diberi apresiasi.

"Memang harus dihargai sebagai seorang seniman. Menciptakan lagu itu kan harus dihargai, sebagai seorang seniman. Sesama seniman pasti udah ngerti kalau soal lagu sudah tahu aturan. Kalau itu termasuk, melanggar," tutur Sodik.

Sementara itu, selama berkarier sebagai pedangdut koplo, Sodik mengaku telah menciptakan sekitar 100-an lagu. Hanya, saja tidak semuanya populer. Salah satu lagu yang paling populer saat ini adalah RX-King.

"Ada 100 lebih lagu, yang booming itu Porong Ajur, Tragedi Kuto Porong, dan RX King. Banyak lagu, yang terkenal atau booming. Kalau booming itu rezeki kalau tidak ya jadi koleksi," kata Sodik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya