Batasi Jam Siar Lagu Barat, KPID: Tak Ada Urusan dengan Musisinya

Chris Brown dan Agnez Mo
Sumber :
  • instagram.com/agnezmo

VIVA – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat membatasi penyiaran lagu barat format audio maupun video klip dengan waktu tayang pukul 22:00 WIB sampai dengan 03:00 WIB dini hari. Pembatasan ini dilakukan karena konten yang diangkat dianggap tidak layak dikonsumsi oleh anak di bawah umur.

Gubernur Ridwan Kamil Luncurkan Pengawasan Media Digital Pasagi

Lantas, apakah sejak pemberlakuan kebijakan tersebut KPID Jawa Barat mendapat penolakan atau sikap protes dari industri musik maupun penyanyi yang terdampak?

"Sampai hari ini tidak ada, tidak ada urusan karena kalau KPID Jawa Barat kan ranahnya bukan label musiknya atau penyanyinya, banyak juga yang menanyakan," kata Ketua KPID Jabar Dedeh Fardiah, Rabu, 27 Februari 2019.

Siaran Analog 4 Daerah di Sumsel Disetop Mulai Hari Ini, Beralih ke TV Digital

Menurutnya, KPID hanya berurusan dengan lembaga penyiaran televisi dan radio. Bahkan Dedeh memastikan bertanggungjawab penuh dengan pembatasan itu. "Kami kan berkepentingan ke lembaga penyiaran, kami punya wewenangnya ke lembaga penyiaran, kami mengingatkannya ke lembaga penyiaran," ujarnya.

"Kami tidak mengingatkan penyanyinya, lebel musiknya, kami mengimbau lembaga penyiaran agar menayangkan pada jam 10 malam karena dari liriknya, hasil kajian itu mengandung konten yang berbau dewasa.”

Pengetahuan Masyarakat DKI Jakarta soal ASO Masih Minim

Diberitakan sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Barat memberlakukan pembatasan siaran 17 lagu berbahasa Inggris. Hal tersebut diumumkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat dalam surat edaran nomor 480/215/IS/KPID-JABAR/II/2019. Surat yang ditandatangani Ketua KPID Jabar Dedeh Fardiah itu menyebutkan aturan tersebut berlandaskan sejumlah pasal dalam Undang-Undang Penyiaran dan Peraturan KPI.

Daftar ke-17 lagu yang dibatasi penayangannya oleh KPID Jawa Barat di antaranya :

1. Zayn Malik (Dusk Till Dawn)
2. Camila Cabello feat Pharrel (Sangria Wine)
3. The Killers (Mr Brightside)
4. Zayn Malik (Let Me)
5. Ariana Grande (Love Me Harder)
6. Marc E. Bassy (Plot Twist)
7. Ed Sheeran (Shape Of You)
8. Chris Brown feat Agnez Mo (Overdose)
9. Maroon 5 (Makes Me Wonder)
10. Bruno Mars (Thats What I Like)
11. Eamon (Fuck it I Dont Want You Back)
12. Camila Cabello feat Machine (Bad Things)
13. Bruno Mars (Versace On The Floor)
14. 88rising (Midsummer Madness)
15. DJ Khaled feat Rihanna (Wild Thoughts)
16. Yellow Claw (Till it Hurts)
17. Rita Ora (Your Song). (fin)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya