Ustaz Solmed Bentuk Grup Musik Gambus Sebagai Sarana Syiar

Ustaz Soleh Muhammad atau Solmed bentuk grup musik gambus.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Ustaz Soleh Muhammad atau yang akrab disapa Ustaz Solmed sore ini memperkenalkan grup musik gambus bernama The Sultan Gambus. Grup musik ini ia harapkan menjadi sarana dirinya dan keluarga untuk syiar.

5 Keutamaan Puasa Ramadhan Menurut Ustaz Solmed, Pintu Surga Dibuka

"Ini cita-cita saya hampir setahun. Saya berharap bisa membawakan lagu religi ini agar bisa ingat pada Allah. Salawat dengan syair dan syiar mengingat kepada nabi ini hijrah buat saya. Hijrah bukan sesaat tapi ini hijrah sampai meninggal," kata Ustaz Solmed di kediamannya, di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu, 5 Mei 2019.

Dia mengungkapkan bahwa membentuk grup musik gambus ini tidaklah mudah. Suami dari April Jasmine itu pun mengaku hampir putus asa dalam mencari vokalis dan personel grup musik ini.

Putra Dirawat di RS, April Jasmine: Wajar Gak Sih Nangis?

"Enggak gampang, saya hampir putus semangat. Kita buka audisi siapa yang jadi personel dan vokalis," kata dia.

Dia melanjutkan, ketika melakukan dakwah di salah satu SMA, dirinya mendapati ada salah satu siswa di sana yang merupakan jebolan ajang pencarian bakat menyanyi yang ingin bergabung dalam grup musik ini.

Ustaz Solmed Punya Vila Mewah, Hingga Joko Anwar Sentil Menteri

"Dia (Delila) ini jebolan The Voice, dia mau nemenin The Sultan. Waktu itu kita juga perlu vokalis khusus langgam Timur Tengah untuk salawat. Waktu itu Didin datang dan merekomendasikan Lia. Dia juara 9 D'Academy," ujarnya.

Setelah mendapatkan dua vokalis utama, akhirnya pada April lalu, grup musik The Sultan ini terbentuk. Grup musik gambus ini, kata Ustad Solmed lebih banyak mengusung lagu gambus kekinian agar bisa dinikmati, bukan hanya orang tua tetapi juga oleh generasi milenial.

"Untuk lagu kita cover lagu Gita Gutawa tahun 2008 dan yang kedua lagu salawat. Ini kita coba aransemen gambus kekinian. Kita coba untuk tanda kutip mengajak yang senang bersalawat, bukan hanya orang tua saja, tapi anak muda, melalui nada-nada yang mereka ketahui," katanya.

Ketika disinggung mengenai pendanaan grup musik religi ini, ayah tiga orang anak ini mengatakan dananya merupakan murni dari kocek pribadinya.

"Dana pribadi, alhamdulillah. Pendanaan lumayan, insya Allah semampu saya, sebisa saya, saya support. Saya butuh semangat untuk memulai. Saya yang mengawali, mereka yang melanjutkan. Mereka semangat, saya tambah semangat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya