RUU Permusikan Ditolak, Ridho Slank Lebih Setuju Bikin Serikat Artis - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 21 Juni 2019 | 10:21 WIB

RUU Permusikan Ditolak, Ridho Slank Lebih Setuju Bikin Serikat Artis

Ridho berharap pemerintah mengawal dilakukan musisi.
Ridho Slank
Photo :
  • dok.ist

Ridho Slank

VIVA – Banyak yang menilai jika Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan harus dihapus, salah satu personel band Slank, Ridho rupanya merasa bersyukur akan pembatalan tersebut. Menurutnya, sertifikasi yang ditonjolkan dalam RUU tersebut membuatnya tak setuju dengan isi RUU Permusikan.

"Ya alhamdulillah kalau dibatalkan, berarti ya paling enggak bisa semua musisi bisa memberikan konsep apapun. Perjuangan teman-teman selama ini ya berhasil," ujarnya.

"Yang paling simpel buat gue enggak setuju ada  sertifikasi. Sertifikasi buat gue kayak kalau buat pengajar boleh saja, gini deh sertifikasi buat pencipta lagu, gue lulus sertifikasi pencipta lagu tapi gue enggak ciptakan lagu gimana," lanjut Ridho saat berada di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis, 20 Juni 2019.

Tak hanya itu, Ridho juga memiliki ide pribadi untuk menggantikan RUU Permusikan, yakni dengan mengadakan serikat artis, di mana hal tersebut lebih bertujuan pada wadah pembayaran perizinan agar bisa menggelar konser di sebuah negara.

"Kalau gue lebih setuju bikinin united saja artis, gini Slank pernah main di Amerika, saat kita mau ke Amerika kita harus punya lawyer imigrasi, dan kita harus bayar ke united artis di sana karena kita menggunakan lahannya mereka, kita band luar negeri, band Indonesia sebebas bebasnya satu sisi," tuturnya.

Menilai banyak ketidaksesuaian dalam RUU Permusikan, Ridho berharap pihak Pemerintah, khususnya DPR agar lebih mengawal apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para musisi.

"Tapi kalau kita bikin satu aturan harus yang melibatkan semua stakeholder musik, maksud gue gini di DPR juga harus di kawal enggak bisa cuma bikin poin-poin terus penerjemahannya salah, kalau menurut gue banyak penerjemahan yang salah dari RUU kemarin," tutur Ridho.

Saksikan Juga

Prabowo Digugat, RIP Nana Krip & Anji Bicara RUU Permusikan

BERITA - 8 bulan lalu
loading...
Muat Lainnya...