Lirik Gugur Bunga yang Iringi Kepiluan Pemakaman BJ Habibie

Lirik Gugur Bunga yang Iringi Kepiluan Pemakaman BJ Habibie

Jumat, 13 September 2019 | 05:38 WIB
Lagu Gugur Bunga diciptakan Ismail Marzuki pada 1945.
Pemakaman Mantan Presiden BJ Habibie
Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pemakaman Mantan Presiden BJ Habibie

VIVA – Jenazah almarhum BJ Habibie telah dimakamkan Kamis siang, 12 September 2019 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Proses pemakaman berlangsung khidmat dan tak sedikit air mata pelayat yang bercucuran dari berbagai kalangan.

Selama proses pemakaman, instrumen lagu Gugur Bunga selalu terdengar. Suasana semakin sedih, haru, dan makin bikin berurai air mata bagi siapa saja yang melihat dan mendengarkan.

Seperti diketahui, lagu Gugur Bunga merupakan lagu perjuangan Indonesia. Lagu tersebut ditulis oleh Ismail Marzuki pada tahun 1945. Sesuai dengan judulnya, lagu ini mengisahkan kematian prajurit dan perasaan si penyanyi ketika melantunkan lirik demi lirik.

Lagu ini bertujuan agar masyarakat menghormati dan menghargai tentara Indonesia yang gugur (tewas) saat Revolusi Nasional Indonesia.

Itulah mengapa, setiap ada proses pemakaman tokoh penting dan berpengaruh di Indonesia, lagu ini tak luput diperdengerkan. Begitu juga saat pemakaman BJ Habibie, instrumennya merasuk ke dalam jiwa raga, membuat air mata pun berderai.