Haddad Alwi, Pelantun Lagu Islami yang Terkenal Banget di Awal 2000-an

Hadad Alwi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA – Nama penyanyi yang kini aktif berdakwah, Haddad Alwi, kembali menjadi perbincangan publik setelah mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan di Sukabumi. Dalam video yang beredar, tampak Haddad Alwi dikerumuni massa yang memintanya untuk turun panggung. Dia akhirnya mengalah dan meninggalkan panggung tersebut.

Jennie BLACKPINK Difollow Camila Cabello, Bakal Kolaborasi?

Penyanyi yang memiliki nama asli Haddad Alwi Assegaf ini pasti sangat dikenal oleh anak-anak generasi awal 2000-an sebab albumnya, Cinta Rasul, menjadi salah satu album terlaris pada zamannya.

Haddad Alwi sudah sering berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi cilik Tanah Air untuk Cinta Rasul, yang paling dikenal adalah Sulis.

Shopee Rilis Iklan Terbaru Garansi Tepat Waktu, Dibintangi Penyanyi Kenamaan Vidi Aldiano

Cinta Rasul Vol. 1 dirilis pada tahun 1999. Album itu begitu booming, dengan salawat dan lagu-lagu Islami, seperti Yaa Nabi Salam 'Alaika, Yaa Thoybah, dan sebagainya.

Cinta Rasul Vol. 2 tak kalah melejit. Rilis di tahun 2000, anak-anak menggandrungi lagu, seperti Ummi, Ya Abaz-ahro, Annabiy Shollu 'Alaih, dan lain-lain.

Bersama Mone Band, Mario G Klau Hadirkan Pemain Lama

Pada tahun 2005, Haddad Alwi merilis album kedua solonya yang bertajuk The Way Of Love. Di album ini yang menjadi lagu utama yaitu Insan Utama duet dengan Duta Sheila On 7 & Doaku duet dengan vokalis Fadly Padi.

Satu tahun setelahnya pada tahun 2006 giliran Gita Gutawa dan Tasya Kamila yang diajak pria kelahiran Banjarnegara, 13 Maret 1966 untuk berkolaborasi. Salam Ramadhan duet dengan Gita dan Dengar Jeritan Kami duet dengan Tasya. 

Haddad Alwi sempat berpindah label musik, ia sempat merilis album Muhammad Nabiku pada tahun 2010 bersama dengan label musik Falcon Musik, sedangkan pada album Pesan Damai, Sony Music yang dipilih untuk merilis albumnya itu.

Belum lama ini Haddad Alwi kembali memeriahkan Ramadan dengan meluncurkan album religi berjudul Kidung Cinta untuk Ayah Bunda. Di album kali ini, Haddad Alwi berduet dengan penyanyi cilik seperti Vita, Anti, Rara, dan juga Ashilla. 

Dalam album itu Haddad Alwi bekerja sama dengan label Actplus & Music Factory Indonesia Album ini menghadirkan 10 lagu religi terbaru yaitu Allahu Allah, Rahmati Mereka, Cahaya Hatiku, Ayahku, Do'a Hasanah, Ya Rasululloh, Ramadhan, Tunjungan Tercinta, Bintang Kecil, dan Indonesiaku 

Sementara untuk kehidupan pribadinya Hadad Alwi berpisah dari istrinya Atina Riawati, yang juga seorang penyanyi religi keduanya bercerai pada 2005 setelah empat tahun menjalin hubungan sebagai sepasang suami istri, keduanya telah dikaruniai satu anak perempuan yaitu Yasmin Hadad Assegaf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya