Dihujat karena Jiplak Video Musik IU, Penyanyi Taiwan Minta Maaf

Penyanyi Taiwan Elaine Ho
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Penyanyi Taiwan Elaine Ho tengah diserang kritik karena diduga sudah menjiplak penyanyi ternama Korea Selatan IU dalam video musik terbarunya.

Tiket Konser IU di Jakarta Resmi Dijual Jumat Depan, Berapa Harganya?

Pada 16 April, Ho mengunggah video musik untuk single terbarunya To Love or Not. Namun, para penggemar IU langsung mengomentari video itu yang menyebutnya banyak kemiripan dengan video musik IU dari lagu hits-nya di tahun 2017, Palette.

Seorang pengguna Instagram kemudian menyatukan kedua video itu frame per frame sebagai perbandingan dari kedua video itu. Gabungan kedua gambar itu memfokuskan pada beragam pilihan gaya dan sinematografi yang dianggap terlalu mirip untuk dianggap kebetulan.

Siapin Duit THR, Penyanyi IU Bakal Gelar Konser di Jakarta April 2024

Reaksi warganet pun semakin memanas dan mereka mengatakan Ho seharusnya malu.

Sutradara video musik IU, Lee Rae Kyung juga memberikan tanggapan melalui Instagram Story.

Hyein NewJeans Bakal Kolaborasi dengan IU Pada Album The Winning

"Aku menerima banyak laporan mengenai video musikku yang dijiplak. Jika penonton tahu, itu cukup bagiku. Terima kasih atas pengertian dan dukungan kalian," tulisnya dikutip laman AsiaOne.

Yang semakin menguatkan bahwa itu adalah plagiarisme, warganet mengungkap sebuah video di balik layar produksi yang memperlihatkan Ho dan sutradara Daniel Chen sedang menyaksikan Palette saat syuting To Love or Not.

Meski diserang dengan kritik, Ho tetap teguh dengan pendiriannya. Pada siaran live Instagram yang dilakukan pada 19 April, Ho mengatakan dia tidak khawatir akan tuntutan hukum meski tudingan terus mengarah padanya.

Dia juga mendorong para penggemarnya untuk menutup komentar dari para pencelanya dengan memberi komentar baru agar komentar lama bisa terkubur.

Namun pada akhirnya, tekanan terbukti terlalu kuat terhadap Ho dan Chen. Sutradara itu kemudian mengakui bahwa dia secara langsung menjadikan Palette sebagai referensi.

Meski Ho sendiri tidak secara langsung membahas mengenai plagiarisme, tapi dia mengunggah permintaan maaf di Instagram.

"Aku sangat kesal, tujuanku adalah memproduksi karya musik yang baik untuk semua orang, tapi berakhir dengan keributan dan drama. Di masa depan, aku akan lebih berhati-hati dengan kata-kata dan tindakanku," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya