Lagu 'Lathi' Weird Genius Pecahkan Rekor

Weird Genius 'Lathi'
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Lagu berjudul Lathi hasil kolaborasi dari Weird Genius dengan Sara Fajira berhasil memecahkan rekor di Spotify Indonesia sebagai lagu lokal yang menjuarai tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi terlama. 

10 Tahun K-Pop ON!, Spotify Rilis Single Spesial dari ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON, dan STAYC

Lagu Lathi bertahan selama enam minggu sejak 10 Mei 2020. Pencapaian lagu tersebut mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Hindia dengan lagu berjudul Secukupnya yang berada di puncak tangga lagu selama empat pekan pada awal tahun 2020 ini.

Dirilis pada akhir bulan Februari 2020, single Lathi meraih popularitas dengan perlahan tapi pasti. Data Spotify menunjukkan bahwa popularitasnya mulai naik sepanjang bulan Maret dan April, yakni saat lagu tersebut masuk dalam sejumlah playlist lokal populer seperti Lantai Dansa dan Top Hits Indonesia. Hingga akhirnya, lagu Lathi berhasil jadi jawara di tangga lagu Indonesia Top 50 pada 10 Mei 2020.

Spotify Announces to Lay off 1500 Employees

Baca juga: Lathi Disebut Lagu Penyembah Setan, Weird Genius Buka Suara

Lagu Lathi pun berhasil memasuki sejumlah tangga lagu di negara lain, mulai dari Singapura (nomor 1 di Singapura Viral 50 pada Juni 2020), Malaysia (nomor 1 di Malaysia Viral 50 pada Mei 2020), Hong Kong, hingga Taiwan. 

Spotify Umumkan PHK 1.500 Karyawannya

Single tersebut bahkan masuk dalam jajaran Global Viral 50 Spotify dan bisa bertahan hingga menduduki peringkat ke-2. Puncaknya, Lathi berhasil masuk di salah satu playlist global terpanas milik Spotify, Teen Party, yang sampai saat ini memiliki lebih dari 3 juta pengikut di seluruh dunia.

“Indonesia begitu kaya akan talenta, dan kami bangga bisa mendukung musisi seperti Weird Genius yang mewakili keberagaman luar biasa serta kesenian lokal. Kami berharap bisa terus membantu para penggemar untuk dapat menemukan berbagai macam artis, genre, dan lagu dari Indonesia, serta mendukung dan mengangkat lebih banyak genre lokal yang niche ke hadapan para penggemar di Indonesia dan di luar negeri,” kata Head of Artist and Label Partnership, Asia, Spotify, Kossy Ng, dalam keterangan yang diterima VIVA.

Sampai dengan saat ini, lagu Lathi dari Weird Genius dan Sara Fajira tersebut telah didengarkan sebanyak lebih dari 19,8 juta kali di Spotify.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya