Konser Mini untuk Mengenang Alex Kumara Bakal Digelar

Alex Kumara
Sumber :
  • twitter/alexkumara1

VIVA – Meski sudah berpulang hampir empat tahun silam, sosok Alex Kumara tidak bisa dilupakan begitu saja. Alex Kumara dikenal sebagai seorang sound engineer dan tokoh pertelevisian nasional.

Alex Kumara Raih 'Pengabdian Seumur Hidup'

Bahkan, almarhum sangat berjasa dalam pendirian beberapa stasiun televisi swasta nasional, termasuk tvOne. Nah, untuk mengenang almarhum, putra bungsu dari Alex Kumara, Adri Kumara, mendirikan sebuah yayasan, bernama Alex Kumara Foundation.

Baca Juga: Sepeninggal Alex Kumara, Bagaimana Nasib Film Chrisye?

Isak Tangis Mengiringi Proses Pemakaman Alex Kumara

Alex Kumara Foundation sendiri merupakan yayasan yang akan bergerak di bidang pengembangan seni dan pendidikan. Diakui Adri, sang ayah mendedikasikan seluruh hidupnya pada dunia musik dan televisi, yang menjadi alasannya di balik pendirian yayasan ini.

“Almarhum ayah saya adalah orang yang sangat mengedepankan pendidikan dan seluruh hidupnya didedikasikan pada dunia musik dan pertelevisian yang tidak jauh dari dunia seni. Maka itu, yayasan ini kami peruntukkan untuk mengenang beliau dan juga sedikit membantu pengembangan di bidang pendidikan dan seni," ujarnya saat virtual launching Alex Kumara Foundation, Selasa, 22 September 2020.

Istri Chrisye Hadiri Proses Pemakaman Alex Kumara

Lebih lanjut, ketua sekaligus penggagas yayasan tersebut menceritakan, rencananya Alex Kumara Foundation akan bekerja sama dengan banyak sekolah dan universitas untuk mengembangkan skill-skill yang penting dalam dunia profesional, seperti public speaking, kewirausahaan dan kreativitas.

"Selain itu, Yayasan Alex Kumara juga akan mengedepankan bidang seni dan akan mencoba untuk mempromosikan karya musisi-musisi Indonesia, agar selalu dikenal oleh semua generasi," lanjut dia.

Program yang akan dilakukan di awal adalah tur seminar dan webinar ke sekolah-sekolah dan juga sebuah konser dan lelang amal, yang akan diselenggarakan pada November 2020, mendatang, sebagai launching dari Alex Kumara Foundation.

Mini concert bertajuk ‘Musik Taman’ ini rencananya akan menampilkan karya-karya musik dan musisi yang pernah mendapat sentuhan Alex Kumara saat berkarier di dunia sound engineering maupun pertelevisian.

"Kami akan mencoba untuk bekerja sama dengan tokoh-tokoh yang mumpuni di bidangnya dan benar-benar melakukan program untuk mengedukasi generasi baru, tentang skill-skill yang diperlukan di dalam kehidupan dan jarang disentuh oleh kurikulum sekolah konvensional," kata dia.

"Kami juga akan terus mencoba melestarikan karya-karya musik dan seni Indonesia yang mungkin jarang dikenal oleh generasi baru saat ini," tutup Adri Kumara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya