Kesedihan Gitaris Tohpati Terhadap Lagu Anak-anak

AT Mahmud
Sumber :
  • Kroscek

VIVA.co.id – Gitaris Tohpati mengaku sangat khawatir akan minimnya upaya penciptaan dan pelestarian lagu anak-anak di Indonesia. Dia menilai, langkanya upaya pengenalan dan pelestarian lagu anak-anak, membuat sebagian generasi anak muda saat ini sama sekali tak mengetahui adanya lagu-lagu tersebut.

Marion Jola Ngaku Pernah Selingkuh Sekali, Sisanya Diselingkuhin

"Sesegera mungkin (harus ada upaya pelestarian). Karena kan lagu anak sudah langka. Menurut saya lebih bahaya lagi, karena mungkin lagu-lagu yang kita sebut lagu anak, kayak Burung Kakak Tua, Balonku, Desaku, yang tahu itu sekarang kayaknya hanya angkatan 25 tahun ke atas deh. Di bawah itu mereka kayaknya udah pada enggak tahu. Anak saya SMA kelas satu enggak tahu lagu Desaku," ujar Tohpati saat ditemui di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis 27 Juli 2017 malam.

Pemilik nama lengkap Tohpati Ario Hutomo itu menilai, lagu-lagu anak yang kini hanya dikenal oleh sebagian segmentasi umur itu suatu saat akan menghilang. Seiring dengan menghilangnya generasi yang sempat tahu akan lagu-lagu tersebut.

Karina Aespa dan Lee Jae Wook Dikabarkan Berkencan, Jatuh Cinta Pandangan Pertama di Milan?

"Jadi sebenarnya kalau generasi saya sudah punah, lagunya juga bisa ikut punah. Jadi seharusnya lagu-lagu anak yang sudah ada sejak dulu itu disosialisasikan lagi dan dilestarikan ke anak-anak sekarang," kata Tohpati.

Oleh karenanya, selain upaya menciptakan lagu anak-anak terbaru, pemerintah melalui institusi pendidikan harus segera melakukan berbagai upaya pelestarian lagu anak-anak yang sudah ada. Agar agar anak muda generasi mendatang bisa turut menjalankan estafet pengetahuan dan penciptaan lagu anak-anak tersebut di masa mendatang.

Potret Mesra Nikita Mirzani dengan Ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah

"Menurut saya, tanya aja deh anak-anak SMA sekarang, mereka itu banyak yang enggak tahu lagu-lagunya AT Mahmud misalnya. Jadi baik juga menciptakan kembali lagu anak-anak yang baru, tapi juga jangan lupa mengenalkan lagu-lagu anak yang lama juga. Bahkan ada sejumlah lagu lama pun yang saya enggak tahu, karena dari sekolah itu udah enggak ada pelajaran seni yang mengajarkan lagu anak," tuturnya. (one)

Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Harvey Moeis Dinyatakan Tersangka Dugaan Kasus Korupsi, Sandra Dewi: Gue Takut Ditegur Tuhan

Melalui sebuah video youtube yang diunggah pada akun @melaneyricardo, Sandra Dewi mengungkapkan bahwa ia memiliki ketakutan dengan

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024