Siap Terpukau di Pameran Studio Ghibli Pertama Asia Tenggara

Totoro and catbus
Sumber :
  • Viva.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Indonesia termasuk beruntung mendapat kesempatan untuk mewujudkan kisah animasi dalam bentuk 2 dan 3 dimensi dari studio Ghibli. Studio yang dikenal dengan film animasi terkenal Jepang seperti Spirited Away, Princess Mononoke, Howl's Moving Castle, Kiky's Delivery, Ponyo, My Neighbour Totoro ini siap memanjakan pencinta film dari studio Ghibli. 

Unicorn Wars Bukan Film Animasi Biasa, Sajikan Cerita Menarik

Lewat pameran studio Ghibli yang baru pertama kali digelar di Asia Tenggara, di mana anak-anak bangsa turut andil dalam pembuatannya, penggemar dari Ghibli bisa melihat, menyentuh, bahkan berfoto (Studio Ghibli Jepang tidak mengizinkan pengunjung berfoto) di beberapa area, sekaligus merasakan langsung karakter yang selama ini hanya bisa dilihat dalam film. 

"Proyek ini adalah event pertama terbesar di luar Jepang. Apa yang kalian lihat nanti adalah hasil karya pelaku kreatif Indonesia atas pengawasan Jepang," kata Koji Hoshino, Presiden Direktur Studio Ghibli Jepang, dalam jumpa pers The World of Ghibli, di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta Selatan, 10 Agustus 2017. 

Gak Cuma di Film, Karakter Riki Rhino Kini Ada di Dunia Nyata

Dipilihnya Jakarta sebagai tempat digelarnya pameran studio Ghibli pertama di Asia Tenggara, apalagi melibatkan pelaku kreatif Tanah Air merupakan hal yang sangat membanggakan. Koji Hoshino bahkan memuji salah satu seniman Indonesia, Bop yang berhasil mewujudkan istana bergerak sangat mirip dengan cerita aslinya. 

"Itu juga agak beda, karena yang saya tahu hanya Indonesia yang dibolehkan melakukan pameran sebesar ini. Kalau di Taiwan ada, tapi dibuatin," kata Wilawati, Chief Executive Officer (CEO) Kaninga Pictures dan Project Officer The World of Ghibli Jakarta.

Disney Tak Sengaja Casting Bintang Porno untuk Film The Little Mermaid

Sentuh kelembutan bulu Totoro juga cat bus di sini, bahkan penggemar bisa duduk di dalam bus yang ditutup dengan bulu lembut di bagian tempat duduknya. Atau siap terpana melihat karakter Robot Laputa yang dibuat sangat mirip dengan karakter aslinya. 

Belum lagi replika Kastil Howl's Moving Castle yang bergerak di bagian depan serta mengeluarkan asap. Bagi pencinta film Ghibli tentu saja hal ini seolah merealisasikan imajinasi mereka yang selama ini hanya bisa melihat lewat film. 

Meski serupa dengan museum Ghibli yang ada di Jepang, baik ukuran tempat ataupun karakter yang ada di dalamnya, ada beberapa karakter yang bahkan menurut Hashida sebagai penanggung jawab The World of Ghibli Jakarta Exhibition, dibuat lebih bagus di Indonesia, yaitu Howl's Moving Castle.

Pameran ini digelar di lantai 4 Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta mulai 10 Agustus 2017  hingga 17 September 2017. Dengan harga tiket masuk pada hari kerja Rp300.000 dan akhir pekan Rp350.000.

Selain pameran replika karakter Ghibli, di sini pengunjung juga bisa melihat replika meja kerja Hayao Mizaki (pencipta Princess Mononoke), mengikuti proses pembuatan animasi, screening film Ghibli, hingga pemutaran film-film Ghibli mulai 12 Agustus hingga 17 September 2017 dalam rangkaian Film Festival di CGV. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya