Kado Agustusan dari Gita Gutawa

Gita Gutawa
Sumber :
  • Al Amin/ VIVA

VIVA.co.id – Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-72, 17 Agustus 2017 mendatang. Kalau ditanya tentang apa yang sudah diberikan untuk Indonesia, mungkin tak banyak orang yang bisa menjawab dalam hitungan detik.

Gaet Lyodra, Erwin dan Gita Gutawa Bikin Konser Buat Anak

Pertanyaan itu juga yang ingin diutarakan Aluna Sagita Gutawa atau lebih dikenal dengan nama Gita Gutawa melalui lagu ciptaannya berjudul, Puja Indonesia. Tak hanya memuji negeri Indonesia, tapi juga mempertanyakan dalam diri masing-masing individu, apa yang sudah kamu berikan untuk bangsa? Lagu ini sekaligus mengajak anak bangsa untuk berbuat sesuatu demi bangsa dan negara Indonesia.

"Saya memang punya ketakutan, jangan sampai lagu-lagu nasional yang dulu punya peranan dalam membantu kita merdeka nantinya terabaikan," ujar Gita dalam jumpa pers rilis albumnya di Gedung Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat 11 Agustus 2017.

Erwin Gutawa, Vadi Akbar Hingga Sandhy Sandoro Guncang Jerman

Dan meski saat mendapat inspirasi, Gita tengah berada di luar negeri untuk menyelesaikan pendidikannya di bidang Cultural and Society. Bukannya kehilangan identitasnya sebagai bangsa Indonesia, Gita justru semakin menyadari bahwa Indonesia ternyata memiliki lebih banyak lagu nasional dibanding negara lainnya. Dari situlah hingga keinginan untuk membuat album berisikan lagu Indonesia akhirnya terbersit dalam benaknya.

Menurutnya, Indonesia termasuk bangsa yang beruntung, memiliki lagu-lagu penuh arti, cerminan akan perjuangan masa lalu. Dan keberadaan musik-musik tersebut berperan penting dalam mendorong rasa nasionalisme dan menyebarkan paham ke-Indonesiaan, dan Bahasa Indonesia.

Gita Gutawa Lulus S2, Bukan Cuma Bekal Ilmu yang Didapat

"Kekuatan musik tak hanya sebagai hiburan, tapi juga sebagai medium yang mampu menimbulkan semangat dan menggerakkan perasaan."

Erwin Gutawa yang ikut dalam pembuatan album ini juga menyatakan dukungannya pada Gita. Menurutnya bermusik tak harus melulu tentang membuat musik yang laku di pasaran. Karena musik memiliki kekuatan yang lebih dari itu.

"Saya senang dengan ide Gita ini membuktikan kita kerja di dunia musik enggak sekadar bikin album pop atau yang laku keras, itu keren, tapi musik beyond dari semua itu, musik bisa menggerakkan kita," kata Erwin.

Album berjudul Gita Puja Indonesia ini dirilis tepat di hari ulang tahunnya, 11 Agustus, dan sekaligus album ini akan menjadi kado bagi peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Putri dari komposer ternama Indonesia Erwin Gutawa ini tak hanya merilis satu lagu, tapi juga lagu-lagu nasional lainnya yang dikemas dalam balutan musik orkestra. Dan terdapat satu lagu yang dinyanyikan dengan acapela, yaitu lagu Tanah Tumpah Darahku, ciptaan C Simanjuntak dan Sanusi Pane.

Album Gita Puja Indonesia sudah bisa diunduh di platform musik digital. Dengan daftar lagu sebagai berikut: Tanah Tumpah Darahku, Bagimu Negeri, Syukur, Tanah Air, Ibu Kita Kartini, Terima Kasihku, Mengheningkan Cipta, dan Puja Indonesia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya