Lagu Kritik Iwan Fals soal Janji Jokowi Jadi Viral

Iwan Fals.
Sumber :
  • Dok: Mitsubishi Fuso

VIVA.co.id – Sebuah lagu yang dibawakan Iwan Fals mendadak viral di dunia maya. Dalam video yang beredar, Iwan Fals terlihat menyanyikan sebuah lagu yang liriknya bernada kritik terhadap pemerintah Joko Widodo.

Desta Salting Saat Ditanya Soal Rujuk, Natasha Rizky Beri Respons Begini

Melalui akun Facebook bernama Nardi Tanjong, video ini ramai diperbincangkan. Dalam video berdurasi sekitar 8 menit tersebut, Iwan Fals terlihat menyanyikan lagu yang membahas tentang Nawa Cita hingga janji Presiden Joko Widodo.

Dalam tiap liriknya, Iwan Fals menyebut poin-poin janji Jokowi saat sedang berusaha memenangkan pemilu 2014 lalu.

Kritikan dalam Lagunya Tak Sepedas Dulu, Iwan Fals: Sekarang Giginya Sudah Habis

"Membagi satu juta rupiah per keluarga pra-sejahtera per bulannya, kalau pertumbuhan (ekonomi) di atas 7 persen katanya," kata Iwan Fals bernyanyi.

Uniknya, lirik berisi janji-janji yang disenandungkan Iwan Fals, ratusan orang yang menonton aksi sang legendaris tersebut ramai menyahutinya.

Saat Iwan Fals Mengenang Glenn Fredly Lewat Konser Tanda Mata

"4,5 juta kepala keluarga mendapat program kepemilikan tanah, pembangunan, dan irigasi di tiga juta hektar sawah," Iwan Fals dengan nada-nadanya.

"Bohoooooooooooong," sahut penonton.

"Mensejahterakan guru-guru dan membangun pendidikan baik, menggunakan Kartu Indoensia Pintar."

"Bohooong," seru penonton lagi.

Lagu ini juga berisi harapan Iwan Fals terhadap pemerintahan Jokowi. Ia berharap agar semua janji Jokowi bukan janji palsu.

"Janji Jokowi semoga bukan janji kompeni," kata Iwan Fals bernyanyi.

Tak pelak, video ini mendapat beragam reaksi di kolom komentar. Banyak netizen yang mendukung lagu tersebut namun banyak juga yang tidak setuju. Sejumlah warganet kepergok saling debat di kolom komentar.

Salah seorang warganet mengatakan, lagu ini bukan lagu baru Iwan Fals.

"Jangan terprofokasi sodara2 dan langsung menghujatnya tanpa tabayun dulu. Demi Allah ini bukan lagu baru tapi sudah lama di ciptakan,di ciptakan setelah jokowi baru di lantik jadi presiden pada tahun 2014... Dan konser ini di senayan kami pun nonton," tulis akun Embon Embonia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya