Guruh Sayangkan Lagu Indonesia Pakai Lirik Bahasa Inggris

Guruh Soekarnoputra
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Musikus legendaris Indonesia, Guruh Soekarnoputra, telah bermusik sejak masih duduk di bangku SMP. Putra Proklamator Soekarno tersebut, menjadi salah satu seniman berpengaruh yang menginspirasi khalayak luas.

Terungkap Harga Rumah Guruh Soekarnoputra yang Akan Digusur Gegara Utang Rp35 M

Seiring perkembangan zaman, musik turut melaju mengikuti teknologi yang ada. Guruh yang telah bermusik sejak peralatan rekaman masih seadanya, memberi komentar tentang musik masa kini.

"Ada kekhasan. Kalau menurut saya agak lugu, cukup jujur, enggak neko-neko dan enggak terlalu tendensius," ujarnya, di kawasan SCBD, Jakarta Pusat pada Sabtu petang, 14 Oktober 2017.

Rumah Guruh Soekarnoputra Bakal Dieksekusi, Isinya Banyak Barang Peninggalan Bung Karno

Guruh membawa prinsip penggunaan lirik berbahasa Indonesia dalam bermusik. Menanggapi karya anak bangsa sekarang yang kerap menggunakan lirik berbahasa Inggris, ia memberikan pengalamannya sebagai contoh kasus dan refleksi.

"Saya mengupayakan Bahasa Indonesia yang tidak terpakai dan sudah lama mati untuk dihidupkan kembali. Untuk apa bawa Bahasa Inggris, padahal kita punya bahasa lokal," kata pemilik album Guruh Gipsy ini.

Kronologi Sengketa Rumah Guruh Soekarnoputra yang Bakal Disita

Menjadi salah satu pembicara di Archipelago Festival 2017, Guruh bercerita tentang revolusi musik Indonesia zaman dahulu sampai sekarang. Ia berharap agar seniman muda mampu membawa musik sebagai medium pembentukan karakter bangsa.

"Moga-moga musik saat ini membawa spirit of nation and character building, walaupun enggak bisa dilihat dari satu atau dua sudut karya saja," kata Guruh menambahkan.

Nidji

Lama Tak Muncul, Nidji Rilis Single Baru Ciptaan Guruh Soekarno Putra

Menariknya, lagu baru Nidji ini diciptakan secara khusus oleh Guruh Soekarno Putra  (GSP), sosok legenda musik yang berpengaruh besar dalam musik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2024