Usaha Keras Tulus Jadikan Lagu Sepatu Versi Jepang

Penyanyi Tulus
Sumber :
  • Putri Firdaus/VIVA.co.id

VIVA – Penyanyi Tulus mengaku baru saja merilis lagunya yang berjudul Sepatu, ke dalam bahasa Jepang, dengan judul Kutsu. Ketika ditanya kenapa lagu tersebut yang dipilihnya untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang, ada alasannya tersendiri.

YLKI Tantang Capres Adu Gagasan soal Pengendalian Konsumsi Rokok agar Tak Ada Generasi Cemas

"Sebenarnya ada beberapa opsi lagu, tapi lagu Sepatu inilah yang 100 persen maknanya tidak bergeser setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang," ujar Tulus di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis 19 Oktober 2017.

"Lagu-lagu lain itu ada yang cuma 70 atau 90 persen yang maknanya masih belum betul-betul sesuai dengan aslinya," ujarnya menambahkan.

Dianggap Produk Abnormal yang Legal, YLKI Bedakan Perlindungan Pada Konsumen Rokok

Tulus mengaku cukup bekerja keras untuk mempromosikan lagu Sepatu ini, terutama dalam hal alih bahasa sehingga layak untuk diperdengarkan kepada orang-orang Jepang di sana.

"Itu bukan proses yang mudah memang. Karena kita harus bekerjasama dengan penerjemah dan lain sebagainya. Dan lagu sepatu ini antara versi Jepang dan lagu aslinya itu maknanya sama," kata Tulus.

Mahalini Bawa Pulang Spotify Wrapped Live, Berikut Daftar Pemenangnya

Tulus tak akan membuat video klip khusus untuk lagu Kutsu ini.  Namun, jika ingin mendengarkan lagu tersebut, Tulus mengaku sudah mengunggahnya di channel YouTube pribadinya, musiktulus.

"Klipnya tidak dikerjakan lagi karena sudah dirilis, tapi kalau mau dengar lagunya ada di channel YouTube saya," ujarnya.

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi, dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9, Senin, 25 Maret 2024.

BPJT Wanti-wanti Operator Jalan Tol Pastikan Ini pada Periode Mudik Lebaran 2024

BPJT mengimbau para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memastikan kesiapan jalan-jalan tol yang mereka kelola jelang mudik Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024