Padi Reuni, Begini Komentar Once Eks Dewa 19

Once Mekel
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

VIVA – Penyanyi Elfonda Mekel atau Once menilai, keputusan grup band Padi untuk kembali ke industri musik Indonesia setelah sekian lama vakum, sebagai sebuah gebrakan yang menggembirakan di kancah musik Tanah Air.

Memberi Makna Indonesia, Padi Reborn Ajak Masyarakat Bangkit

Dia yakin, gebrakan yang dibuat Piyu cs tersebut akan mampu membangkitkan kembali sejumlah band Tanah Air untuk kembali berkarya di zaman digital yang semakin memudahkan seperti saat ini.

"(Soal reuni Padi) ya bagus lah. Pasti akan membangkitkan (band lain), karena kan zaman sekarang ini zaman informasi, di mana orang bikin konser saja bisa modal Whatsapp," kata Once saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa 14 November 2017.

Kenang Sahabat, Piyu Keluarkan Lagu dan Gerakan Sosial Ini

Once berpendapat, apabila band-band lawas Tanah Air itu bangkit kembali, tentunya mereka bisa semakin mudah dalam hal mengakomodir pasar pendengarnya di era informasi saat ini.

"Dengan sekian banyak grup-grup yang tergabung di handphone masing-masing, jadi memberitakan sebuah pertunjukan kan relatif lebih mudah daripada 10 tahun lalu," ujarnya.

Ganjar Pranowo Puji Padi Reborn karena Hal Ini

Terlebih, para fans dari band-band senior itu menurut Once juga akan berbeda dibanding kondisi puluhan tahun lalu, di mana kini sudah cukup mapan untuk bisa mengapresiasi karya-karya dari band pujaannya tersebut.

"Jadi memang mungkin baik ya buat band-band yang senior untuk bangkit lagi, karena ada potensi untuk kemudahan mempromosikan. Lalu fans-fansnya yang beberapa puluh tahun lalu kan juga sudah mapan sekarang, jadi dia mau bayar berapa saja untuk menonton band pujaannya tersebut," kata Once.

"Seperti Kahitna, Sheila on 7, mereka sekarang punya fans-fans yang lebih mampu untuk mengapresiasi musik mereka dan Padi tentunya juga punya potensi yang sama," ujarnya.

Lebih nyaman solo

Di sisi lain, mantan vokalis Dewa 19 ini lebih memilih menjadi penyanyi solo dibanding bersama sebuah grup band. Sebab, grup band membutuhkan waktu dan komitmen bersama antarpersonel, yang tak ditemukan ketika menjadi penyanyi solo.

"Sampai saat ini, enakan solo karier. Kita bisa bagi waktu lebih enak, fleksibel, enggak ada pertentangan kesibukan dengan teman-teman yang lain," ujar pelantun I Still Love You tersebut.

Oleh karena itu, Once mengaku harus memikirkan matang-matang terlebih dahulu kalau pun dirinya diajak untuk bergabung ke sebuah band.

"Ya pasti kita akan berpikir juga ya, karena band itu kan enggak seperti organisasi yang lain. Band itu kan perpaduan antara rasa, latar belakang musik dan sebagainya. Jadi kita perlu menyesuaikan diri juga," kata Once.

Dia juga menegaskan, membuat komitmen di antara beberapa orang dalam sebuah band memang tidak mudah, karena setiap personelnya harus bisa menyelaraskan sejumlah hal agar hubungan mereka harmonis dalam kerja sama tersebut.

"Karena kita kan kudu saling suka antara satu sama lain, kita betah sama-sama dan bareng-bareng, buang waktu sama-sama, seperti itu. Jadi enggak gampang juga bikin band. Apalagi soal waktu." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya