Festival DJ Dunia DWP di Jakarta Bisa Raup Devisa Rp350 M

Djakarta Warehouse Project
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Pihak penyelenggara Festival Disjoki (DJ) Internasional, Djakarta Warehouse Project (DWP), yang bakal digelar di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 15-16 Desember 2017, menyebut gelaran acara DWP bakal menghimpun devisa setidaknya Rp350 miliar.

5 Fakta Sosok DJ WW, Punya Cita-cita Jadi Pembalap hingga Langganan Tampil di DWP

Assistant Brand Manager Ismaya Live, Sarah Deshita menyebut angka tersebut berdasarkan perhitungan acara yang dihadiri oleh 100 ribu pengunjung di mana 35 persen atau 35 ribunya adalah orang asing.

"Dengan perhitungan optimis, dari 100.000 pengunjung, 35 persen atau 35.000 di antaranya adalah orang asing. Berdasarkan survei kami pada kegiatan yang sama tahun lalu, mereka bakal tinggal sepekan di Indonesia, menghabiskan uang per orang minimal Rp10 juta. Dengan demikian, devisa yang bakal dihimpun dari acara ini, Rp350 miliar," kata Sarah Deshita, di Jakarta, Senin, 4 Desember 2017.

DWP 2022 Digelar Offline, Bakal Bangkitkan Perasaan Nostalgia

Tahun lalu, katanya, lewat acara yang sama, DWP mampu mengumpulkan 90.000 pengunjung yang 30 persen di antaranya orang asing. Untuk mencegah pemalsuan tiket, pihaknya baru akan mengedarkan pada H-2.

"Kami optimis karena kegiatan diselenggarakan ketika musim dingin di luar negeri berlangsung. Seluruh hotel yang ada di kawasan Kemayoran pun kini sudah habis dipesan para pengunjung asing kami. Tiket DWP pun sudah 80 persen habis," kata Sarah.

Dihadiri Puluhan Ribu, Bagaimana Pengamanan DWP yang Digelar Pekan Ini

Pada pagelaran kali ini, DWP akan mendatangkan DJ antara lain Cesqeaux, David Gravell, Flume (DJ set), Ilan Bluestone, Marshmello, NWYR, Ookay, Purple Haze, R3HAB, Robin Schulz, Slander, Tiesto, Vini Vici, Zatox, dan Zeds Dead. Di hari kedua akan tampil DJ Bassjackers, Desiigner, DVBBS, Flosstradamus, Galantis, Hardwell, Loco Dice, Richie Hawtin, dan Steve Aoki.

Pada hari hari kedua tersebut, seluruh tampilan panggung bakal dibongkar dan diganti dengan karya Keluarga Elrow asal Barcelona, Spanyol. Inilah untuk pertama kalinya Elrow mau diboyong ke Asia.

"Dunia industri hiburan mengenal Elrow sebagai seniman dunia paling handal dalam menata panggung, cahaya, dan efek-efek membangun suasana gegap gempita. Keluarga ini sudah menjadi ikon dunia industri hiburan massal," ujar Sarah.

Kini, setiap tahun, Ismaya Live secara rutin menggelar 20 kali festival DJ dunia di luar maupun dalam negeri. 

"Agustus lalu kami menggelar WTF (We The Fest) dengan jumlah pengunjung 50.000 orang. Kami bangga dan enggak nyangka Pak Jokowi (Presiden RI Joko Widodo) datang. Beliau tampak antusias menikmati kegiatan ini," kata Sarah.

DWP 10 besar festival panggung DJ Dunia

Dengan kemampuan menghimpun pengunjung sampai 100.000 orang, kini DWP masuk 10 besar festival panggung DJ dunia. Ia pun berharap, dengan dukungan pemerintah maka DWP bisa masuk lima besar festival panggung DJ dunia.

Dukungan tersebut antara lain berupa pengurusan izin yang lebih cepat dan sederhana, ketersediaan lahan yang lebih luas, dan fasilitas transportasi yang nyaman dan cepat.

"Tomorrowland di Belgia bisa merebut peringkat satu dunia karena memiliki lahan luas bahkan untuk membuka tenda bermalam pengunjungnya. Bayangkan berapa devisa bisa dihimpun lewat kegiatan sepekan di Tomorrowland," ujar Sarah.

Indonesia, lanjut Sarah, memiliki tradisi dan kesenian beraneka dan melimpah. Anak-anak mudanya pun inovatif dalam mengembangkan dunia industri kreatif.

"Bagi kami, hal tersebut adalah modal tak ternilai. Tinggal meredam sejumlah kendala yang saya sampaikan tadi," kata Sarah.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pun mendukung pegelaran acara DWP. Ia pun meminta warga Jakarta mendukung kegiatan DWP karena mampu menghasilkan devisa yang fantastis. Menurut Sandiaga, kegiatan ini juga memiliki efek domino yang positif bagi perekonomian masyarakat bawah.

"Akar rumput bergerak. Itu yang kita inginkan," kata Sandiaga beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya