Begini Syarat Cerita Indonesia yang Dicari untuk Netflix Original

Erika North dari Netflix
Sumber :
  • Netflix Indonesia

VIVA – Selain menonton film-film yang pernah tayang di bioskop, Netflix juga menyajikan konten hasil besutan sendiri yang biasa disebut dengan Netflix original. Konten-konten orisinal tersebut bukan hanya berupa film, melainkan juga serial dan dokumenter.

Tantangan Terbesar Alia Bhatt Bintangi Heart of Stone dan Peran Impiannya

Sejauh ini, konten orisinal Netflix dari Indonesia, baru The Night Comes for Us, film yang disutradarai oleh Timo Tjahjanto dan dibintangi oleh Joe Taslim, Iko Uwais, serta sejumlah bintang top Indonesia.

Ada juga liputan kuliner yang mengangkat pedagang jajanan pasar tradisional Yogyakarta, dengan tajuk Street Food Asia.

Bintangi Heart of Stone, Gal Gadot Ungkap Ketakutannya akan Potensi Bahaya AI

Meski begitu, Netflix mengaku ingin terus mengangkat cerita-cerita asli karya Indonesia, untuk dipertontonkan ke lebih dari 151 juta pelanggannya saat ini. Seperti The Night Comes for Us yang diklaim di-dubbing ke dalam 20 bahasa, Netflix ingin membawa karya Indonesia mengglobal.

Namun, genre apa yang ingin dibuat Netflix dari Indonesia?

Adu Akting di Film Heart of Stone, Gal Gadot dan Alia Bhatt Saling Memuji Satu Sama Lain

"Kami sering mendapat pertanyaan, konten seperti apa yang Netflix cari? Kami mencari cerita-cerita yang belum mendapat kesempatan untuk dibuat di platform lain. Di mana, ada relung yang belum diisi atau karya yang belum pernah dicipta," ujar Director of International Originals Netflix, Erika North, dalam acara Rumah Netflix di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Alih-alih menjawab spesifik jenis konten yang diinginkan, Erika menjelaskan, ingin membantu para sineas untuk menyampaikan cerita terbaik di hidup mereka. 

"Secara umum, kami melihat tiga pilar dari cerita hebat, yaitu film bergenre spesifik, tapi memiliki elemen universal, penggambaran dunia yang apik, dan tayangan dengan elemen budaya lokal, tetapi disukai secara global,” katanya kemudian.

Kepada VIVA, Erika juga mengklaim, respons pengguna Netflix global terhadap film The Night Comes for Us positif dengan jangkauan di luar ekspektasi mereka. Film tersebut, sekarang tayang di 190 negara di mana Netflix bisa dinikmati.

"Benar-benar melampaui ekspektasi kami dalam hal bagaimana film ini bisa 'berkelana' melebihi pasarnya (Indonesia). Apa yang kami pelajari dari film (The Night Comes for Us) ini adalah bahwa cerita dari Indonesia, seperti ini bisa melewati batas-batas yang ada," ujar Erika. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya