Profil Ibas - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Edhie Baskoro Yudhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono

Bandung, 24 November 1980
s/d
Sekarang
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/tokoh/2016/11/14/58293ad2c467c-edhie-baskoro-yudhoyono-ql_324_116.jpg
Riwayat

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas memulai karier politiknya di saat ayahnya sebagai Presiden RI. Nama besar ayahnya tak membuat ia berkepala besar atau berleha-leha. Ia masuk Partai Demokrat dan berhasil menjadi anggota DPR RI.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 24 November 1980 ini adalah anak bungsu dari dua bersaudara dari pasangan Susilo Bambang Yudoyono dan Kristiani Herrawati. Kakaknya Agus Harimurti Yudhoyono.

Ibas menikah dengan Siti Ruby Aliya Radjasa, anak dari Hatta Radjasa, dan dikaruniai anak Airlangga Satriadhi Yudhoyono, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono, dan Gayatri Idalia Yudhoyono.

Dalam dunia pendidikan, Edhie Baskoro Yudhoyono terbilang beruntung. Dia dari keluarga berada saat dia tumbuh dewasa. Saat itu, ayahnya Susilo Bambang Yudhoyono dalam puncak kariernya. Setelah lulus SMA 39 Cijantung, Jakarta Timur, Edhie Baskoro Yudhoyono berkesempatan kuliah di luar negeri.

Dia menyelesaikan S1-nya di Curtin University, Perth, Australia dan meraih gelar Bachelor of Finance and E-Commerce pada usia 25 tahun, tepat setahun ayahnya sebagai Presiden RI ke-6.

Setelah menjalani pendidikan di Australia, Ibas melanjutkan pendidikan S2-nya di  Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura. Dia berhasil menggondol gelar master spesialisasi Ekonomi Politik Internasional pada usia 27 tahun.

Karier Ibas tidak lepas dari lingkungan keluarga. Kakaknya Agus Harimurti Yudhoyono mengikuti memilih menjadi tentara, sementara Ibas merapatkan barisan ke dunia politik. Dua karier yang berbeda ini melekat pada sosok SBY. SBY sebelum menjadi politisi adalah perwira tinggi.

Setelah lulus kuliah, Ibas mulai aktif di berbagai organisasi. Mulai dari kegiatan Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri TNI dan Polri (GMFKKPI), hingga Yayasan Majelis Dzikir SBY Nurussalam. Puncaknya, saat dia bergabung ke Partai Demokrat, partai bentukan ayahnya.

Saat dia terjun ke dunia politik, ayahnya sedang menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat dan Presiden RI. Pada pemilu 2009, Ibas mencalonkan menjadi anggota dewan dan terpilih dapil Jawa Timur dengan perolehan suara terbanyak.

Karier di politiknya terus meroket. Pada 2010, namanya menjadi rebutan para calon ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum, Andi Mallarangeng, dan Marzuki Ali. Alhasil, ia menjadi Sekjen mendampingi ketua umum terpilih Anas Urbaningrum.

Pada pemilu berikutnya, dia terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dan sekaligus menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat di Senayan. (DN) (Photo/Antara)

KELUARGA
Istri                  : Siti Ruby Aliya Radjasa
Anak                : Airlangga Satriadhi Yudhoyono
                           Pancasakti Maharajasa Yudhoyono
                           Gayatri Idalia Yudhoyono
 
PENDIDIKAN
SMAN 39 Cijantung, 1996-1999
S1, Finance and E-Commerce, Universitas Curtin, Perth, Australia. 1999-2005
S2, International Political Economy, Universitas Teknologi Nanyang, Singapura, 2005-2007

KARIER
Kepala Pengembangan Industri Derivatif Pertanian KADIN Indonesia
Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat dan Olahraga Generasi Muda - Forum Komunikasi Putra Putri TNI dan Polri (GMFKKPI)
Sekretaris Yayasan Majelis Dzikir SBY Nurussalam
Ketua Departemen Kaderisasi DPP Partai Demokrat
Anggota DPR RI/Komisi I DPR RI, 2009-2014
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang - Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olah Raga
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, 2010-2015
Anggota DPR RI/Komisi X DPR RI 2014 - 2019
Ketua Fraksi Partai Demokrat, 2014 - 2019