Profil Yorrys T.H Raweyai - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Yorrys TH Raweyai

Yorrys TH Raweyai

Serui, 28 Januari 1951
s/d
Sekarang
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/tokoh/2016/11/16/582bd2bb1094b-yorrys-raweyai-ql_324_116.jpg
Riwayat

Aktif di Partai Golkar melambungkan pria asal Papua ini di pentas politik. Pembawaan dan karakternya yang khas semakin mengukuhkan Yorrys T.H Raweyai sebagai politikus nasional.

Yorrys T.H Raweyai, yang akrab dipanggil Bang Yorrys lahir di Serui, Papua, 28 Januari 1951. Ia menikah dengan Olga Olivia dan memiliki lima orang anak dari pernikahannya.

Yorris menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah pertama di Serui, Papua. Kemudian ia melanjutkan di SMA YPK, Biak. Ia lulus tahun 1969. Pada usia 22 tahun, ia kursus bahasa dan manajemen perminyakan di Inggris.

Kariernya penuh warna. Ia pernah bekerja sebagai Manajer Cabang PT. Philips Petroleum 66, ketua pengawas Induk Koperasi Perisai Bangsa, dan preskom PT Tiga Mitra Prima. Yorrys juga aktif di dunia buruh, dia sebagai Ketua Serikat Pekerja Pariwisata (SP Par), dan Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI). Dia berjanji akan memperjuangkan kesetaraan gaji buruh dengan gaji PNS.

Yorrys juga dikenal suka membela kepentingan masyarakat Papua, sehingga ia dipercaya sebagai Ketua Lembaga Adat Papua. Dalam berorganisasi Yorrys memilih di bawah bendera Golkar. Dia aktif di organisasi sayap golkar Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), bahkan dia menduduki puncak tertinggi sebagai ketua Umum AMPG.

Kariernya mulai menasional setelah dia menjadi anggota DPR periode 2009-2014. bersamaan dengan itu, dia juga menjadi pengurus Golkar DPP Pusat sebagai Ketua Korbid kepemudaan DPP Golkar. Sementara di Partai Golkar, kariernya juga menaik menjadi Wakil Ketua Umum Golkar versi munas Golkar Ancol dengan Ketua Umum Agung Laksono periode 2015-2016.

KELUARGA
Istri                        : Olga Olivia
Jumlah Anak          : Lima Orang

PENDIDIKAN
SD Serui Papua
SMP Serui Papua
SMA YPK, Biak (1969)
Kursus Bahasa dan Manajemen Perminyakan di Inggris (1973)

KARIER
Manajer Cabang PT. Phillips Petroleum 66
Ketua Pengawas Induk Koperasi Perisai Bangsa
Preskom PT. Tiga Mitra Prima
Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua
Ketua Umum INKADO
Ketua Serikat Pekerja Pariwisata (SP Par)
Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), 2012
Ketua Korbid Kepemudaan DPP Golkar
Ketua Umum PP AMPG, 2005-2009, 2009-2014
Wakil Ketua Umum Golkar Munas Ancol, 2015-2016