Profil Raisa - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Raisa Andriana

Raisa Andriana

Jakarta, 6 Juni 1990
s/d
Sekarang
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/tokoh/2017/03/14/58c79b74726e4-raisa-ql_324_116.jpg
Riwayat

Menyanyi dari kafe ke kafe mematangkan kualitas Raisa. Keluar dari grup band, ia menjadi penyanyi papan atas.

Kualitas suaranya dalam bernyanyi menyita perhatian masyarakat luas. Meski Raisa baru beberapa tahun mewarnai belantika musik Indonesia, ia telah berhasil menyabet berbagai penghargaan di dunia tarik suara, salah satunya penyanyi pendatang baru terbaik. Tak hanya itu, ia juga jadi model iklan dan main film.

Wanita kelahiran Jakarta, 06 Juni 1990 ini adalah anak kedua dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Mariaty. Raisa Andriana atau biasa dipanggil Raisa dan Yaya ini menghabiskan masa sekolah dan kuliahnya di Kota Depok dan Jakarta.

Sejak kecil, bakat menyanyi Raisa sudah terlihat. Pada umur 3 tahun, ia sering tampil berpura-pura seperti penyanyi sungguhan. Hobinya bernyanyi terus berjalan hingga remaja. Ia belajar vocal otodidak. Raisa tak sungkan untuk ngamen menyanyi dari satu kafe ke kafe lain.

Ia terjun ke dunia tarik suara secara profesional berawal menjadi vokalis grup band Andante pada tahun 2008. Grup bentukan Kevin Aprilio ini terdiri dari Raisa, Widy Soediro Nichlany, Raka Cyril, Satrianda Widjanarko, dan Kevin Aprilio sendiri. Raisa tak lama di sini karena ada perbedaan konsep dengan pihak lebel.

Penyanyi yang banyak terinspirasi dari musisi kenamaan Amerika Serikat seperti Brian McKnight, Alicia Keys, dan Joss Stone ini memilih jalur penyanyi solo. Pada 2010, bertepatan memasuki usia 20 tahun, Raisa merilis single perdananya bertajuk “Serba Salah”. Lewat lagu inilah, kepopuleran Raisa meledak. Tercatat lebih dari 10 ribu kali lagu tersebut diputar di official  MySpace Raisa.

Berbagai undangan manggung pun silih berganti menghampirinya. Bahkan, penyanyi yang sempat digandeng komposer kenamaan David Foster untuk tampil di konsernya di Jakarta ini  menjadi salah satu bintang yang tampil di Java Jazz Festival 2011. Pada tahun yang sama juga, Raisa merilis album “Self Titled” yang produksi oleh Solid Records dan Universal Music Indonesia.

Album tersebut diproduseri oleh musisi muda berbakat tanah air, yaitu Asta Andoko dari RAN, serta Ramadhan Handy dan Adrianto Ario Seto dari Soulvibe. Lewat album tersebut, Raisa diganjar dua penghargaan sekaligus oleh Anugerah Musik Indonesia, yakni kategori Penyanyi Pendatang Baru Terbaik dan Grafis Desain Album Terbaik.

Selang setahun, Raisa kembali merilis album keduanya bertajuk “Heart to Heart” dengan single seperti “LDR”, “Bye Bye”, dan “Pemeran Utama”. Dalam Album ini, Raisa bekerja sama dengan Yovie Widianto, Tangga, dan Tulus. Single-single-nya sukses merajai chart di berbagai Radio.

Setelah album “Heart to Heart’, wanita lulusan Universitas Bina Nusantara ini menggelar konser showcase khusus untuk media dengan total tamu terbatas hanya 300 orang. Raisa kembali diganjar dua penghargaan dari Indonesian Choice Awards kategori “Album of The Year” lewat “Heart to Heart” dan “Song of The Year” lewat lagu “Pemeran Utama” pada tahun 2014.

Selain menyanyi, pada tahun yang sama juga, Raisa diundang sebagai juri tamu ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014. Pada awalnya, ia hanya menjadi juri di audisi umum, Yogyakarta. Namun, karena formasi juri kurang lengkap akhirnya Raisa diberi kepercayaan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Di samping karier bernyanyinya, Raisa sempat menjadi cameo dalam film Mantan Terindah. Ia juga sempat digandeng produsen film animasi terbesar, Walt Disney Pictures untuk mengisi soundtrack film Cinderella yang berjudul “A Dream is a Wish Your Heart Makes” versi Bahasa Indonesia dengan judul "Mimpi adalah Harapan Hati".

Pada akhir tahun 2015, Raisa bersama Afgan merilis single duet mereka berjudul “Percayalah”. Meski sebetulnya projek ini sudah ada sejak 2 tahun yang lalu, namun harus tertunda karena kesibukan keduanya. Single ini pun kembali meledak dan sempat hits di aplikasi karaoke Smule.

Mereka berharap lagu ini dapat menjadi lagu utama yang dinyanyikan dalam acara-acara pernikahan. Berkat lagu duet ini, Raisa dan Afgan dianugerahi sebagai Outstanding Duet/Collaboration dari Dasyatnya Awards 2016.

Lagu “Percayalah” juga tersemat dengan cantik dalam album ketiga Raisa bertajuk “Handmade” yang rilis tahun 2016. Tentu saja, bukan Raisa namanya jika tidak bersinar. Album barunya ludes terjual dalam waktu 15 menit dengan sistem pre-order di salah satu situs e-commerce Indonesia.

Namanya tak hanya melekat di penggemarnya di tanah air. Pada tahun 2017, di istana presiden pun, namanya menarik perhatian Presiden Jokowi. Raisa dicari dan dipanggil Jokowi untuk maju ke depan menyanyikan lagu daerah dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional. Lebih seru lagi, ia mendapatkan sepeda dari presiden. Raisa pun gembira dengan sepeda dan karyanya.

Dalam kisah asmaranya, wanita cantik ini luluh oleh aktor ganteng, Hamish Daud. Tidak perlu lama sejak perkenalannya, pada 21 Mei 2017 Hamish pun melamar Raisa untuk berbagi kasih sayang.

Pada 3 September 2017, Raisa dan Hamish Daud resmi menjadi pasangan suami istri. Keduanya terlihat bahagia saat melangsungkan acara pernikahan di suatu hotel di Jakarta. (AK/DN) (Photo: Instagram/ Raisa)

KELUARGA
Orang Tua            : Allan N. Rachman dan Ria Mariaty
Suami                   : Hamish Daud

PENDIDIKAN
SD Dian Didaktika, Depok
SMP Dian Didaktika, Depok
SMAN 34 Jakarta
Universitas Bina Nusantara, Jakarta

KARIER

ALBUM

Raisa (2011)
Heart to Heart (2013)
Handmade (2016)

IKLAN
Sunsilk (2011 - 2014)
Nescafe (2013)
Indosat IM3 (2012)
Sharp (2014)
Wall's Magnum (2014 - sekarang)
WePlay
Pond's White (2015)
Traveloka (2015)
elevenia (2016)
Alfamidi (2016)
HerbaKOF (bersama Shae tahun 2016)
Oppo F1S (2016)


FILM
Mantan Terindah (2014)
Terjebak Nostalgia (2016)

PENGHARGAAN
Penyanyi Pendatang Baru Terbaik oleh Anugerah Musik Indonesia (2012)
Grafis Desain Album Terbaik oleh Anugerah Musik Indoneisa (2012)
Persembahan Vokal Terbaik Dalam Lagu (Artis Baru Wanita) oleh Anugerah Planet Muzik lewat lagu “Serba Salah” (2012)
Best Female Hai Reader's Poll Music Awards (2013)
Most Wanted Female, Yahoo OMG! Awards Indonesia (2013)
Karya Produksi Rhythm n Blues/Soul Terbaik oleh Anugerah Musik Indonesia (2014)
Female Singer Of The Year, Indonesian Choice Awards (2014)