Profil Farah Quinn - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Farah Quinn

Farah Quinn

Bandung, 8 April 1980
s/d
Sekarang
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/tokoh/2017/07/26/59783d047e914-farah-quinn-ql_324_116.jpg
Riwayat

Mencintai dunia masak sejak kecil mengantarkan Farah Quin ke panggung selebriti. Mulai kerja di resotaran hingga menjadi chef ternama di layar kaca.

“So Yummy”, begitulah kata yang diucap Farah Quinn usai memasak di acara 'Ala Chef' di sebuah stasiun TV swasta. Perempuan yang sering disebut sebagai Chef seksi ini memang hobi memasak. Ia mulai jatuh cinta pada dunia masak-memasak sejak masih kecil.

Farah Farhanah Quinn atau yang lebih akrab dipanggil Farah Quinn ini lahir di Bandung, 8 April 1980. Masa kecilnya saat di Sumatera kerap ia habiskan untuk membantu sang ibu di dapur.

Lepas SMA, Farah melanjutkan kuliah di jurusan Finance, Indiana University Of Pennsylvania, Amerika Serikat. Jurusan yang sebenarnya tak ingin ia masuki, maklumlah ia lebih suka mempelajari resep masakan ketimbang belajar ekonomi. Tapi saat itu, Farah yakin, keinginannya pasti akan ditentang oleh sang ayah. Karena itulah ia memutuskan untuk mengambil jurusan finance.

Setelah berhasil menyelesaikan gelar sarjananya, Farah pun mengambil keputusan. Ia hanya akan bekerja untuk sesuatu yang ia sukai. Tawaran melanjutkan S2 dari sang ayah pun ditolak.

Farah mengakui bahwa dirinya bukanlah tipikal pekerja kantoran. Karena itulah ia memulai kariernya di Lydia’s Pittsburgh, sebuah restoran Italia terkenal di Pittsburgh, Pennsylvania. Ia juga melanjutkan pendidikannya di Pittsburgh Culinary Institute dan mengambil kelas pastry.

Setelah lulus, Farah pindah ke Phoenix, Arizona tempat ia bekerja di Arizona Biltmore Resort. Ia juga sempat mengikuti World Pastry Championship dan mendapatkan kesempatan belajar memasak pada Chef Ewald Notter and Colette Peters.

Tahun 2005, keberuntungan membawa chef sexy ini dalam acara pertemuan G8 di Sea Island Georgia. Di bawah bimbingan Chef James Mullaney, dia menciptakan menu dessert yang spesial. Hidangan penutup itu disajikan untuk beberapa orang seperti Ibu Negara Laura Bush dan delegasi dunia lain.

Pada tahun itu juga, ia menikah dengan Carson Quinn. Ia dan suaminya kemudian membuka restoran mereka sendiri yang disebut Camus. Camus dianugerahi 4 bintang untuk masakan dan juga banyak penghargaan lainnya.

Farah memperoleh banyak ketenaran. Gara-gara restorannya, ia kerap tampil di beberapa koran dan majalah. Portofolionya pun ia tunjukkan pada artis Helmi Yahya. Helmi yang tertarik dengan portofolionya kemudian mengajak Farah Quinn untuk tampil sebagai bintang tamu dalam sebuah acara.

Beberapa lama setelah itu Farah dihubungi oleh sebuah stasiun TV. Ia ditawari untuk membawakan sebuah acara masak-memasak. Farah mengiyakan, ia yang baru saja memiliki bayi laki-laki (Armand Fauzan Quinn) akhirnya memutuskan untuk pindah ke Indonesia. November 2008, Farah Quinnn resmi membawakan acara 'Ala Chef' di Trans TV.

Banyak yang berkomentar ketika melihat kemunculan Farah Quinn di TV. Ada yang suka, ada yang menganggap sebelah mata. Banyak orang yang meragukan keahlian memasaknya. Ia kerap dikira sebagai seorang model seksi yang berpura-pura pintar memasak. Farah tetap berpikir positif, ia mencoba menjalankan hidupnya dengan baik.

Tak mudah meraih apa yang telah Farah dapatkan. Semua butuh kerja keras. Perempuan yang hobi traveling ini selalu menyempatkan diri untuk mencari inovasi baru untuk resep masakannya. Selain itu, ia juga tak pernah berhenti belajar.

Farah Quinn sering disebut sebagai koki seksi. Semua itu juga tak lepas dari kebiasaan yang selama ini ia jalani. Sebagai seorang koki, ia kerap mencoba berbagai resep masakan. Farah pun hobi makan. Namun, ia sangat menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuhnya.

Farah menghindari makanan yang banyak mengandung gula, kosong karbohidrat dan minim gizi, seperti nasi putih dan roti tawar putih. Sebagai gantinya Farah mengkonsumsi gandum, oatmeal, nasi merah. Farah juga lebih suka memakan buah-buahan. Pola makanan sehat juga ia terapkan untuk buah hatinya Armand Fauzan Quinn.

Selain itu, koki seksi ini juga rutin berolahraga. Semua itu ia lakukan semenjak ia melahirkan. Farah tak mau bentuk tubuhnya berubah. Bahkan, ia sengaja menaruh berbagai macam peralatan gym di lantai dua rumahnya. Saat syuting pun, ia mewajibkan adanya peralatan gym di area syuting.

Farah telah memetik hasil dari keseriusannya di dunia kuliner. Dia menjadi seorang selebriti. Namanya makin dikenal di tanah air. Tak hanya cantik, Farah Quinn memang sangat piawai mengolah makanan di dapur.

Selain itu, Farah telah merilis sebuah buku berjudul, “Healthy Happy Family” yang dirilis tahun 2011. Selain resep makanan, dalam buku ini Farah juga menekankan untuk hidup sehat sejak usia dini. Karena makan tak sekadar kenyang tapi harus menyehatkan juga.

Farah juga telah memetik buah kesuksesannya dengan memboyong penghargaan sebagai Presenter Hobi & Gaya Hidup Terfavorit Panasonic Gobel Awards 2013.
Selang setahun, kabar kurang mengenakan menimpa rumah tangganya. Ia resmi bercerai dari sang suami.

Badai rumah tangga tak membuat Farah lelah dalam mengolah aneka kuliner. Bahkan ia sibuk mempromisikan hasil racikannya "Queen Apple", bolu lembut dengan isi apel Malang beraroma kayu manis. Hal ini makin menguatkan Farah Quinn ternyata tak hanya piawai di layar kaca, tapi juga di dunia nyata. (LP/AC/DN)

KELUARGA     
Orang Tua      : Fauzan Rahim dan Nyayu Rachmawaty
Suami              : Carson Quinn (cerai)
Anak                : Armand Fauzan Quinn

PENDIDIKAN
SD di Bengkulu
SMP di Jambi
SMA kelas 1 di Bandung
SMA di Pennsylvania, Amerika Serikat
S-1 di Jurusan Finansial Indiana University of Pennsylvania
Kuliah setara D-3 di Pittsburgh Culinary Institut mengambil spesialisasi pastry

KARIER
Acara TV
Ala Chef (Trans TV)
With Farah Quinn (Trans TV)
Queen at Home With Tupperware (NET.)
Food & Fashion (Trans TV)
The Big Break (Asian Food Channel)

Iklan
Kopi Kapal Api Mocca
Sania Royal
Downie
Carls Junior
Kacang Atom Garuda Food
Keju Prochiz
Sasa Tepung Bumbu
T-Chef Series Tupperware
simPATI Telkomsel
Nata de Coco Wong Coco
Vitamin Water

PRESTASI DAN PENGALAMAN
Pastry Cook di Restoran Lidia's Pittsburgh
The Arizona Biltmore Resort, Phoenix Arizona
Membuat restoran “Camus” di Phoenix, Arizona
Mengikuti World Pastry Championship dan mendapatkan Kesempatan Belajar memasak pada Chef Ewald Notter dan Colette Peters
Diundang ke G-8 Summit di Sea Island Georgia, membuat makanan penutup untuk Ibu Negara