Profil Kim Kurniawan - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kim Kurniawan

Kim Kurniawan

Muhlacker, Jerman, 23 Maret 1990
s/d
Sekarang
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/tokoh/2017/08/04/59843ce90939d-kim-kurniawan-ql_324_116.jpg
Riwayat

Bermain sepakbola sejak kecil di Jerman, Kim Kurniawan akhirnya menjadi warga Indonesia dan bergabung dengan klub besar tanah air. Ia mencoba mengikuti jejak kakeknya yang pernah menjadi kebanggaan Tim Merah Putih.

Kim Jeffrey Gonzales Kurniawan atau biasa yang dipanggil Kim Jeffrey atau Kim Kurniawan lahir di Muhlacker, Jerman, 23 Maret 1990. Ia besar dalam keluarga yang mencintai sepak bola.

Kim memiliki garis keturunan Tionghoa-Indonesia dari sang Ayah. Kwee Hong Sing, sang kakek adalah seorang pemain bola profesional yang pernah memperkuat Persija Jakarta dan Timnas Indonesia pada tahun 1950-an.

Saat itu Timnas Indonesia sedang berada dalam permainan puncak yang disegani lawan dari negara-negara lain. Timnas Indonesia berhasil meraih medali perunggu pada Asian Games 1958.

Untuk mengikuti jejak kakeknya, Kim Kurniawan harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) terlebih dahulu sebelum masuk Timnas. Kebetulan saat itu, PSSI menawarkan program naturalisasi pemain dan Kim Kurniawan salah satunya dan resmi menjadi WNI pada tahun 2010. Kim juga kesampaian main di Timnas. Ia bermain bersama sang kakak ipar, Irfan Bachdim ketika membela Timnas Indonesia.

Karier Kim Kurniawan sendiri diawali bersama Klub Karlsruher tahun 1996-2009 di Jerman. Setelah itu, ia mulai mengawali karier seniornya dengan memperkuat FC 07 Heidelsheim.

Tak lama berselang Kim memutuskan untuk melanjutkan karier sepak bolanya di Indonesia. Ia bergabung dengan Persema Malang atas ajakan Timo Scheunemann yang saat itu pelatih Persema.

Setelah kurang lebih bermain selama dua musim, Kim hijrah ke Pelita Bandung Raya yang saat itu dilatih oleh pelatih bertangan dingin Dejan Antonic pada tahun 2013. Kim Kurniawan menjadi salah satu pemain favorit Dejan.

Ketika Dejan bergabung dengan Persib Bandung, Kim turut serta dibawa Dejan untuk bergabung bersama Tim Maung Bandung.

Hingga kini pemain yang mengenakan nomor punggung 23 ini menjadi salah satu gelandang andalan Persib Bandung. Kim adalah seorang yang selalu berusaha tampil lebih baik, ia pernah beberapa kali menjadi pemain cadangan. Namun, tekad Kim kuat dalam menghadapi persaingan dengan pemain lain.

Kim memiliki kakak yang bernama Jennifer Bachdim, yang telah menikah bersama Irfan Bachdim yang merupakan pemain terkenal di Indonesia. Kim bahkan pernah bermain bersama sang kakak ipar ketika membela timnas Indonesia

Ternyata, kehadiran Kim Kurniawan di lapangan hijau tak sekadar membetot penonton akan kemampuannya menggocek bola, tapi wajahnya yang imut-imut juga menarik para penonton kaum hawa.

Berkat tampangnya yang cukup ganteng untuk pemain bola, pengidola David Beckham dan Zinedine Zidane ini membintangi dua film di antaranya 'Tendangan dari Langit' dan ' Aku Cinta Kamu.

Di tengah menikmati popularitasnya, Kim tetap fokus memperkuat Persib Bandung dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2017. Ia berharap tuah kakeknya bisa meraih juara bersama Persib. (AA/DN)

KELUARGA
Orang Tua                : Uschi Kurniawan, Petrus Kurniawan
Saudara Kandung    : Jennifer Bachdim, Lee Kurniawan

KARIER
JUNIOR
Karlsruher, 1996 - 2009

SENIOR
FC 07 Heidelsheim, 2009 - 2010
Persema Malang, 2011 - 2013
Electric Cosmo PLN (Futsal) , 2013
Pelita Bandung Raya, 2013 - 2015
Persipasi Bandung Raya, 2015
Persib Bandung, 2016 - Sekarang
Timnas Indonesia, 2015

FILMOGRAFI
Tendangan dari Langit, 2011
Aku Cinta Kamu, 2014